Cara Membuat Score Alami (Booster Padi Organik) Terbaik - kliktani.com

Cara Membuat Score Alami (Booster Padi Organik) Terbaik

score alami
Cara membuat Score alami (booster padi) bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, baik itu patani awam sekali pun (tidak sekolah -red) bisa membuat score alami ini, Yang dibutuhkan dalam Cara membuat score alami hanyalah bahan bahan alam yang mudah di temui dikehidupan sehari hari.

Bagi seorang petani padi ketika mereka mendengar kata “score" pastilah anggapan mereka itu adalah sebuah obat booster padi “.


Sebenarnya Fungisida yang diproduksi oleh PT Syngenta yang berbahan aktif difenokonazol, adalah sebuah fungisida yang mampu mencegah serangan jamur pada tanaman padi ( walaupun tidak semua jamur bisa di kendalaikan dengan fungisida score ).



Akan tetapi efek positif penggunaan score tersebut dalam takaran dosis yang disarankan (tepat), akan membuat fungisida ini  berefek menjadi booster padi. 



Efek dari dosis yang tepat tersebut akan membuat bulir padi terlihat lebih bening, kuning dan bersih sehingga disebut sebagai booster padi. 


Menurut beberapa sumber yang kami dapatkan ternyata ada sebuah cara dalam membuat fungisida sejenis score secara organik (alami).



Score alami ini bisa dibuat dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita yang jika diaplikasikan ke tanaman padi akan memberi efek booster pada bulir padi yang terkena score alami ini.


Bahan - Bahan Pembuatan Score Organik (Booster Padi)


  • 1/4 kg telor ayam atau bebek
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 100 ml madu murni

Cara Membuat Score Alami

  1. Campurkan semua bahan bahan yang ada diatas
  2. Haluskan dengan Mixer atau Blender hingga berbusa
  3. Masukkan campuran tersebut dalam botol yang tertutup rapat

Cara Menggunakan Score Alami Pada Tanaman Padi

Aplikasikan booster padi organik ini pada tanaman padi ketika tanaman padi berumur 30 dan 45 hari setelah tanam  juga pada saat malai padi keluar semuanya.


Sedangkan osis penggunaan score alami ini sekitar 6 - 7 sendok makan per tangki atau jika menggunakan mangkuk ukur dosis score alami yaitu sekitar 2 ml/ liter air



Sisa dari penggunaan score alami yang tidak habis digunakan janganlah dibuang, sisa tersebut masih bisa digunakan tetap sebagai booster padi organik. 


Asalkan botol sebagai wadah score alami masih dalam keadaan tertutup rapat dan jika terjadi fermentasi (dicirikan dengan mengembangnya botol), maka bukalah penutupnya sebentar saja pada pagi hari



Jangan lupa dikocok - kocok agar tekanan gas yang  ada dalam botol keluar sehingga botol tidak meledak, dan jika sudah tidak terjadi lagi fermentasi maks tidak perlu dibuka tiap hari.


Perlu di ingat! score alami ini hanya berfungsi sebagai booster padi dan kurang mampu dalam mengendalikan penyakit jamur pada tanaman padi.


Karena Score alami ini berfungsi untuk mensuplai kebutukan unsur hara tanaman padi, Dengan terpenuhinya unsur hara pada tanaman akan membuat tanaman padi sehat dan tahan terhadap serangan jamur. 



Selain itu juga, jika suplai unsur hara tercukupi maka pengisian bulir-bulir padi juga akan maksimal, sehingga bulir-bulir padi akan terlihat kuning bersih dan mengkilap.


Demikianlah Cara membuat score alami (booster padi) semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 Response to "Cara Membuat Score Alami (Booster Padi Organik) Terbaik"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan