Varietas Padi IR 64, Varietas Padi Standar Nasional - kliktani.com

Varietas Padi IR 64, Varietas Padi Standar Nasional

VARIETAS PADI IR 64

padi ir64

Sejak pertama kali di keluarkan pada tahun 1986 oleh presiden Soeharto, Varietas padi IR 64 langsung mendapat tempat istimewa dihati para petani padi. Varietas padi IR 64 yang mempunyai sifat adaptasi yang tinggi sehingga mudah untuk di budidayakan oleh petani. 

Sampai saat ini masih banyak petani yang membudidayakan padi IR64 ini, Karena menimbang faktor keberhasilan yang cukup tinggi di bandingkan menanam variates yang baru mereka kenal.

Sehingga padi IR64 tetap mampu tetap bertahan selama lebih dari 30 tahun,  meskipun di gempur varietas padi unggul ataupun padi galur lokal yang banyak sekali jenisnya.

DESKRIPSI PADI IR 64


Padi IR64 merupakan jenis varietas padi yang memiliki tinggi batang tanaman kurang lebih 85 cm. Varietas padi IR 64 ini juga memiliki anakan produktif yang cukup banyak, yaitu sekitar 11  - 20  dengan  jumlah rata-rata perumpunnya adalah  14 anakan padi.

Dalam buku Deskripsi Varietas Unggul Padi yang di tulis Djunainah pada tahun 1993, menuliskan bahwa varietas padi IR64 sangat diminati oleh para petani padi karena memiliki bobot yang berat sekitar 1000 butir kurang lebih 27 gram, dengan potensi hasil 8 ton/ha.

Selain diminati oleh petani, rupanya konsumen beraspun memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap varietas IR 64 ini, karena rasa nasinya yang enak dan pulen. Tak cukup sampai disitu saja, Varietas padi IR64 merupakan salah satu varietas padi sawah yang hemat dalam penyerapan air. 

Faktor masa tanam padi yang genjahpun menjadi pertimbangan petani dalam menanam padi IR 64, umur rata - rata padi IR64 sekitar 110-125 hari setelah tanam sudah bisa di panen.

PADI IR64 SEBAGAI VARIETAS TETUA 


Varietas  IR64 banyak dipilih  oleh penangkar padi sebagai  tetua  persilangan untuk menghasilkan benih padi unggul baru.  karena  varietas padi IR64  ini merupakan  varietas  padi unggul  berstandar nasional, sehingga memiliki  karakter - karakter  yang  banyak disukai  oleh petani.

Contoh varietas varietas padi unggul hasil persilangan dari padi IR 64 yang banyak sekali di minati petani adalah Padi Ciherang, Inpari, dan lain - lain.

KEKURANGAN PADI IR 64


Namun  demikian, padi IR 64 ini  juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah  tidak dapat  tumbuh dengan  baik  jika  dibudidayakan  pada lahan sawah irigasi yang berada di dataran rendah, apalagi yang mengandung kadar besi yang tinggi.

Pada awal kemunculannya Varietas Padi IR 64 ini termasuk jenis padi yang tahan terhadap virus kerdil rumput (Tungro)  yang dibawa oleh Wereng Coklat biotipe 1 dan 2.

Namun seiringnya waktu berjalan, Padi IR64 mengalami penurunan kekebalan terhadap penyakit, hal ini terjadi karena padi IR 64 terlalu sering ditanam dengan prosentase luas yang tinggi. Sehingga ketika keluar Wereng Coklat biotype 3 maka patahlah kejayaan Varietas padi IR64 terhadap Virus tungro, WBC biotype 3 dan agak rentan terhadap kresek.

TURUNAN VARIETAS PADI IR 64


Selain sebagai padi tetua, varietas padi IR64 juga ikut dikembang agar tetap kuat melawan WBC, dan Kresek. Berikut ini beberapa jenis varietas IR64 yang berhasil di kembangkan oleh beberapa penangkar padi,

Padi IR 64 Jumbo
Padi IR 64 SS
Padi IR 64 Bangkok
Padi IR 64 Prima
Padi iR 64 Dempo
Padi IR 64 Janger

Demikianlah ulasan tentang VARIETAS PADI IR 64. Tetapi Perlu juga anda ketahui bahwa ada padi yang potensi hasilnya lebih tinggi dari IR64, untuk mengetahuinya cek Disini.

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362