Menentukan Dosis Virtako Untuk Tanaman Padi Yang Tepat | Klik Tani

Menentukan Dosis Virtako Untuk Tanaman Padi Yang Tepat

virtako
Insektisida Virtako
Sebagian besar petani padi pasti tidak asing dengan Insektisida Virtako, Ya memang kemasyhuran insektisida ini sudah tidak perlu di pertanyakan lagi, tetapi ironisnya masih banyak petani yang tidak mengetahui ukuran DOSIS VIRTAKO UNTUK TANAMAN PADI yang tepat.

Banyak sekali kami jumpai petani yang tidak mengetahui ukuran dosis virtako untuk padi yang pas dan sesuai, kebanyakan petani hanya menerka - nerka ukuran dosis virtako.

Ketika menggunakan virtako untuk padi, kebanyakan petani mengukur dosisnya dengan menggunakan tutup botol kemasan virtako, padahal ukuran seperti ini belum terjamin ketepatannya.

Jika menggunakan insektisida virtako yang tidak sesuai dosis maka efeknya akan negatif, misalnya jika ukuran dosisnya kurang maka daya kerja bahan aktif insektisida Virtako tidak akan maksimal dalam mengendalikan hama sasaran.

Dan jika ukuran dosisnya lebih maka akan terjadi pemborosan, karena kita ketahui semua, bahwa harga Virtako yang tergolong mahal. Maka dari itu sangat penting untuk menentukan dengan tepat ukuran dosis virtako untuk padi.

Agar ukuran dosis virtako untuk tanaman padi menjadi tepat, maka di perlukan alat ukur pestisida yang berupa mangkuk kecil atau bisa juga menggunakan pipet.

Mangkuk kecil untuk ukuran dosis pestisida bisa kita dapat secara percuma dengan membeli insektisida Abacel, Ares, dan lain sebagainya. Tetapi kita juga bisa membelinya di kios kios penjual pestisida.

Setelah mempunyai alat ukurnya, maka menentukan dosis virtako untuk tanaman padi akan jadi mudah, dan pastinya sesuai standar penggunaannya.

DOSIS VIRTAKO UNTUK TANAMAN PADI


Menurut anjuran pakai yang tertera pada kemasan insektisida virtako, Dosis virtako untuk tanaman padi  yang standar adalah 150 ml virtako perhektare.

Untuk penyemprotan dengan dosis 150 ml/ha dengan volume semprot standar sekurang - kurangnya 300 liter air perhektar atau kira-kira 20 tangki perhektar untuk tangki semprot ukuran 15 liter.

Dengan perhitungan seperti itu maka dosis virtako pertengki 15 liter air membutuhkan 7,5 ml virtako, sedangkan untuk ukuran tengki 17 liter adalah 8 ml virtako.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dan optimal, volume semprot tidak boleh kurang dari 20 tangki perhektar, karena walaupun virtako bekerja secara sistemik, tetap saja memerlukan pemerataan penyemprotan pada tanaman padi agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Demikianlah DOSIS VIRTAKO UNTUK TANAMAN PADI semoga tulisan ini bermanfaat, share artikel ini agar tidak terjadi lagi kesia - sia penggunaan virtako. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates: