Istilah Istilah Dalam Pertanian Padi - kliktani.com

Istilah Istilah Dalam Pertanian Padi

Membajak Sawah

Bagi para petani padi mungkin tidak asing lagi dengan istilah seperti Tandur, Tapin, Matun, Atau Legowo. Tetapi bagi masyarakat perkotaan, apa lagi anak anak milenial yang hidupnya di daerah Meteopolitan pasti tidak akan paham dengan istilah tersebut.

Bagi masyarakat kota Istilah pertanian padi seperti yang kami tulis diatas, jangankan untuk mengartikannya, mendengar istilah itu saja pasti sangatlah asing di telinga mereka.

Indonesia adalah salah satu negara agraris terbesar di dunia dengan bahasa daerah yang sangat banyak, oleh sebab itu istilah istilah pertanian berbeda di masing masing wilayah.

Istilah istilah pertanian memang berbeda - beda di tiap tiap daerah, tetapi memiliki arti atau makna yang sama. Berikut ini Istilah istilah pertanian yang kami ambil dari daerah Karawang dan sekitarnya.

Tandur atau Nandur adalah istilah untuk menanam padi dari benih yang telah dicabut di persemaian.

Nanjangin adalah proses penambahan atau pergantian tanduran yang mati

Matun / Watun adalah Proses membersihkan gulma atau rumput yang tumbuh diatara tanaman padi.

Galengan merupakan pembatas antara petak sawah yang satu dengan yang lainnya.

Jajar Legowo adalah salah satu cara tanam padi dengan sistem sekat atau sela. jajar legowo banyak sekali ragamnya tetapi yang sekarang terkenal adalah jajar legowo ganda.

Tapin merupakan sistem tanam padi yang paling banyak di pakai di Indonesia, Tapin kepanjangan dari Tanam Pindah, artinya Benih di sebar di persemaian dan ketika benih berumur 20 sampai 30 hari di pindahkan ke area sawah.

Tabela adalah kepanjangan dari Tanam Benih Langsung, yang artinya adalah cara menanam padi tidak dengan persemaian (Tapin), benih langsung di tanam ke seluruh area sawah.

Namping adalah proses untuk membetulkan galengan,  dan merapikan galengan dari rumput, proses ini adalah proses awal masuki musim masa tanam padi.

Mopok adalah kegiatan merapikan galengan dengan lumpur setelah namping.

Nyeblok adalah istilah untuk buruh tani yang bekerja dari awal mula tandur sampai panen.

Ngederepin adalah istilah untuk pemilik sawah yang panen padinya di bebaskan untuk di kerjakan bagi masyarakat luas.

Derepan merupakan hasil yang di dapat buruh tani dari hasil panen padi.

Itulah beberapa istilah dalam pertanian padi, jika ada istilah yang belum tertulis disini, tolong di lengkapi dengan menulisnya di komentar, agar semakin memperkaya pengetahuan kita. Terima Kasih.

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan