Inpari 32 VS Inpari 42, Siapa Lebih Unggul?. | Klik Tani

Inpari 32 VS Inpari 42, Siapa Lebih Unggul?.

inpari 32 VS inpari 42

Jika dibandingkan antara Inpari 32 vs inpari 42, varietas padi yang lebih unggul?, pertanyaan ini sering muncul di akhir - akhir ini di kalangan petani padi lantaran kedua varietas ini banyak sekali kelebihannya. Untuk menjawab persoalan ini kliktani.com akan mencoba membandingkan keunggulan dan kelemahan antara inpari 32 vs inpari 42.

Memang kedua varietas padi inpari ini memiliki keunggulan yang jarang di miliki oleh varietas padi inpari lainnya. Lalu varietas padi inpari mana yang paling banyak keunggulannya, apakah inpari 32 atau inpari 42 yang lebih unggul.

Perbandingan kwalitas dan kwantitas Inpari 32 VS Inpari 42 dapat kita nilai dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan pada masing masing varietas.

Memang setiap varietas padi manapun pasti memiliki kelebihan yang tidak di miliki oleh varietas padi jenis lain, namun dengan mengetahui masing - masing kelebihannya, maka kita bisa dengan mudah menilai varietas mana yang lebih unggul.

Inpari 32 dan Inpari 42 adalah dua varietas padi tersukses dari sekian banyak golongan varietas inpari, Banyak petani yang sudah membuktikan keunggulan dari padi inpari 32 dan inpari 42.

Keunggulan yang paling signifikan dari padi inpari 32 adalah bobot padi yang berat, karena bulir padi inpari 32 yang cuukup besar maka tidak heran jika rata - rata hasil padi inpari 32 bisa mencapai 8,5 ton perhektar.

Sedangkan keunggulan utama padi inpari 42 adalah tingkat adaptasi pertumbuhan padi yang cukup tinggi. Dengan tingginya tingkat adaptasi inpari 42, maka padi ini mampu berdaya hasil tinggi, baik di lahan irigasi (cukup air dan hara) maupun dilahan yang tingkat tumbuhnya padi terbatas (kurang air dan hara).

Head to head Keunggulan Inpari 32 VS Inpari 42

1. Perawatan

Untuk perawatan, Padi inpari 42 lebih mudah untuk dibudidayakan dari pada padi inpari 32, karena padi inpari 42 dikembangkan secara khusus untuk tetap  mampu berdaya hasil tinggi, baik di lahan irigasi (cukup air dan hara) maupun dilahan yang tingkat tumbuhnya padi terbatas (kurang air dan hara).

Sedangkan perawatan padi inpari 32 harus lebih cermat, karena padi inpari 32 memiliki bobot padi yang betat sehingga pohon padi inpari 32 mudah rebah, apa lagi ketika musim penghujan, perawatan inpari 32 menjadi lebih ekstra.

Dengan demikian perbandingan perawatan antara inpari 32 vs inpari 42 bisa dikatakan Inpari 42 lah pemenangnya.

2. Potensi dan Rata-rata Hasil

Potensi Hasil masing - masing varietas padi inpari ini terbilang sama - sama cukup tinggi yaitu sekitar 11 ton/ha.

Namun jika berbicara rata - rata hasil, maka inpari 32 lah yang lebih unggul dibandingkan inpari 42.

Karena padi inpari 32 meraih rata - rata 8,5 ton/ha gabah kering panen, sedangkan rata-rata hasil padi inpari 42 berkisar 7,5 ton/ha gabah kering panen.

Jadi pemenang untuk katagori hasil panen antara inpari 32 vs inpari 42, dimenangkan oleh inpari 32.

3. Ketahanan Terhadap Penyakit

Varietas padi inpari 32 dan inpari 42 di anugrahi dengan ketahanannya terhadap berbagai jenis penyakit padi, diantaranya adalah :

Ketahanan Hama dan Penyakit Padi Inpari 32
  • Tahan terhadap penyakit hawar daun bakteri biotipe 3
  • Tahan terhadap virus tungro ras langrang
  • ahan terhadap penyakit blas 033 serta 073

Ketahanan Hama dan Penyakit Padi Inpari 42
  • Tahan terhadap Wereng  Batang Coklat
  • Tahan rebah
  • Tahan penyakit blas tipe 033 dan 073

Untuk katagori ketahanan terhadap hama dan penyakit antara padi inpari 32 vs inpari 42, maka hasilnya adalah draw atau imbang.

Hasil imbang ini karena padi inpari 32 dan inpari 42 memiliki ketahanan yang sama dalam mengantisipasi hama dan penyakit padi.


Penilaian yang kliktani.com lakukan berdasarkan fakta di lapangan dan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber.

Untuk dapat penilaian yang lebih objektip antara perbandingan padi Inpari 32 VS Inpari 42, sebaiknya anda membaca Deskripsi Padi Inprai 32 dan Dedkripsi Padi Inpari 42.

Demikianlah perbandingan antara padi " Inpari 32 vs Inpari 42 " Semoga bermanfaat bagi kita semua
 Terimakasih.




Subscribe to receive free email updates: