Cara Sederhana Cek Kesuburan Tanah Dengan Akurat | Klik Tani

Cara Sederhana Cek Kesuburan Tanah Dengan Akurat

kesuburan tanah
Sangat jarang kami temui ada petani yang Cek Kesuburan Tanah sebelum memulai masa tanam, Padahal dengan mengecek kesuburan tanah, pastilah akan mempermudah dalam mengukur dosis pemupukan. Untuk itu kali ini kliktani.com akan membahas CARA SEDERHANA CEK KESUBURAN TANAH DENGAN AKURAT.

Selama ini sebagian besar petani tidak pernah memperhatikan tingkat kusuburan tanah, karena menganggap bahwa masalah kesuburan tanah dapat diatasi dengan menggunakan pupuk kimia.

Mungkin juga petani beranggapan bahwa cara cek kesuburan tanah harus melalui tes laboratorium atau sebagainya yang menyulitkan, padahal anggapan tersebut tidak seutuhnya benar.

Karena untuk cek tingkat kesuburan tanah tidaklah mesti lewat tes laboratorium, anda sendiripun bisa mengeceknya secara langsung tanpa harus menggunakan alat-alat canggih.

Berikut ini adalah  CARA SEDERHANA CEK KESUBURAN TANAH DENGAN AKURAT:

1. BANYAK DI TUMBUHI RUMPUT

Indikator kuat bahwa tanah dalam keadaan subur adalah  tanah banyak di tumbuhi oleh rumput. Dengan memperhatikan gejala alam yang satu ini, anda bisa mengukur kesuburan tanah.

Rumput yang tumbuh lebat dan berwarna hijau, menandakan bahwa tanah sudah tercukupi oleh unsur hara, phospat dan airnya.

Jika lahan yang akan anda gunakan di tumbuhi rumput yang lebat, itu dapat diartikan bahwa kondisi tanah yang akan anda gunakan untuk bercocok tanam tersebut masih berada dalam kondisi subur.

2. CEK FISIK TANAH

Tanah yang subur dapat di cek dengan cara mengenggam tanah tersebut, apabila tanah yang di genggam itu menggumpal maka kondisi tanah tersebut dalam kondisi subur.

Namun jika tanah yang setelah di genggam tidak menggumpal itu mengindikasikan bahwa tingkat kesuburan tanah tersebut memiliki kesuburan tanah yang rendah.

3. PAKIS KAWAT

Jika di temui banyak sekali pohon pakis kawat pada area tanah yang ingin anda gunakan sebagai tempat bercocok tanam,  itu menandakan bahwa kondisi tanah tidak subur.

Karena pohon pakis kawat adalah salah satu tanaman yang hidupnya di tanah yang kondisinya tandus dan kekurangan hara.

Demikianlah Cara Akurat Cek Kesuburan Tanah. Semoga tulisan bermanfaat, Silakan beri komentar umtuk menjalin silahtuhrahmi. Terima Kasih.



Subscribe to receive free email updates: