Basmi Tuntas Penyakit Blas Padi Sampai Bablas dengan Fungisida ini. | Klik tani

Basmi Tuntas Penyakit Blas Padi Sampai Bablas dengan Fungisida ini.

Basmi Tuntas Penyakit Blas Padi

prnyakit blas
Pada awal kemunculannya penyakit blas pada padi itu hanya menyerang tanaman padi varietas gogo saja, namun sekarang penyakit blas padi sudah bisa menyerang seluruh jenis variatas padi, hal ini di karenakan jamur yang menjadi penyebab penyakit blas padi beradaptasi dengan sempurna, sehingga penyakit blas ini mampu hidup diseluruh varietas padi.

Salah satu dari sekian banyaknya penyakit padi yang sering di jumpai oleh petani padi kita adalah penyaki blas, penyakit ini hampir sama seperti penyakit padi pada umunya yaitu disebabkan oleh adanya jamur yang hidup di anggota tubuh pohon-pohon padi. 

Nama dari jamur penyebab penyakit blas padi ini adalah Pyricularia grisea. Jamur ini menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan tanaman padi, yang paling menghawatirkan adalah ketika serangan penyakit blas terjadi pada fase generatip, efek dari serangan ini mengakibatkan patah leher padi.

Gejala Penyakit Blas Padi

Gejala penyakit blas padi bisa ditandai dengan kemunculan bercak daun coklat pada daun-daun padi pada fase vegetatif, Jika tanpa di tangani dengan obat blas daun padi, penyakit ini bisa terus tumbuh berkembang dan pada tingkat yang parah berakibat  pohon padi terkena penyakit potong leher.

Jika sudah mulai terlihat gejala penyakit blas padi pada tanaman-tanaman padi yang anda tanam, lakukanlah langkah pengobatan agar gejala serangan penyakit blas padi tidak menyebar ke pohon-pohon padi yang belum terkena penyakit ini.

Penanganan penyakit ini bisa di antisipasi ketika gejala penyakit blas padi masih berbentuk bintik-bintik coklat, untuk mengobatinya gunakanlah obat pembasmi jamur pada tanamn padi.

Fungisida Penyakit Blas Padi Paling Ampuh


Perlu di ketahui penyakit blas pada padi terbagi menjadi 3 bagian yaitu: Penyakit blas daun, Blas Leher, Blas Buku, dan Blas Kolar. Pada fase persemaian dan vegetatif penyakit blas menyerang daun-daun padi, Sedangkan pada fase generatif menyerang leher, buku, dan kolar tanaman padi.

Untuk mengobati penyakit blas padi dengan menggunakan pestisida, gunakanlah fungisida berbahan aktif; Isoprotiolane, Trisikiazol, Kasugamcyin, atau Thiophanate Methyl.

Ada beberapa merk fungisida untuk membasmi penyakit blas yang berbahan aktif seperti yang diatas seperti; Fillia, Fujiwan, Blast, Danish, dan Top Sin. Namun Fungisida Fillia dan Top Sin menjadi rekomendasi kami.

Kami merekomendasikan ke 2 fungisida jamur padi ini karena kami pernah menguji kedua fungisida ini dan daya kerjanya lebih efektif dalam membasmi penyakit blas pada tanaman padi. Selain membasmi penyakit blas fungisida ini juga mampu menambah bobot gabah.

Subscribe to receive free email updates: