Padi Pandan Wangi, Varietas padi aromatik yang menjadi primadona | Klik tani

Padi Pandan Wangi, Varietas padi aromatik yang menjadi primadona

Padi Pandan Wangi, Padi aromatik yang menjadi primadona.

padi pandan wangi
Padi Pandan Wangi adalaha salah satu padi aromatik yang ada di Indoneaia. Varietas Padi Pandan Wangi ini memiliki aroma nasi seperti wanginya pandan, maka masyarakat memberi nama varietas padi ini dengan nama Padi Pandan Wangi.

Masyarakat Cianjur adalah salah satu sentra budidaya padi pandan wangi hingga saat ini, bukan tanpa alasan memang dari daerah sinilah varietas padi pandan wangi di perkenalkan, sehingga padi aromatik ini terkenal di seantero Indonesia.

Buat para petani Cianjur memang sudah paham betul bagaimana cara budidaya padi pandan wangi, baik itu cara pemupukan atau perawatannya,  Sehingga mampu meningkatkan ekonomi para petani.

Buat anda yang ingin mencoba budidaya padi pandan wangi, sebaiknya anda harus memperhatikan beberapa hal agar padi ini bisa tumbuh dengan sehat, karena padi aromatik ini mempunyai kualifikasi tertentu untuk dibudidayakan.

Sebelum anda mencoba menanam padi pandan wangi sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang Deskripsi varietas Padi ini, ini bertujuan agar semakin mudah anda dalam menanam padi pandan wangi.

DESKRIPSI VARIETAS PADI PANDAN WANGI


Masa tanam padi pandan wangi tergolong katogori "Dalam", yang artinya umur tanamnya tergolong cukup lama, Umur padi pandan wangi sampai bisa di panen kira-kira sekitar 140 -150 hari setelah tanam.

Untuk ciri-ciri padi pandan wangi, padi aromatik ini memiliki ciri daun bendera dan batang pohon yang tegak dengan tinggi pohon sekitar 170 cm.

Jika menanam padi pandan wangi ini dengan benar maka padi ini berpotensi menghasilkan 6 - 7 ton/ha gabah kering giling, dengan tinglat rata-rata keberhasilan 5 ton/ha.

CARA MENANAM PADI PANDAN WANGI

Pada umumnya semua varietas padi di tanam dengan cara yang sama, namun untuk menanam padi pandan wangi ada sedikit perbedaan yaitu harus berada di daerah yang tidak terlalu tinggi dan terlalu rendah,  yaitu sekitar 700 mdpl.

Untuk segi perawatan juga ada perlakiuan berbeda, Berikut ini adalah cara merawat padi pandan wangi yang benar.

1. Dalam menanam padi pandan wangi gunakanlah jarak  tanam Jajar legowo ganda, ini bertujuan untuk mengantisipasi serangan hama, dan tanaman padi bisa berfotosintesis dengan sempurna.


2. Cara pemupukan padi pandan wangi dilakukan seperti padi biasa, namun karena padi ini cukup tinggi dan menghindari dari resiko kerobohan maka penggunaan pupuk nitrogennya (UREA) jangan terlalu banyak. 


3. Waspadai kehadiran Wereng Batang Coklat (WBC). Varietas padi pandan wangi sangat rentan terhadap serangan hama ini, jadi jika terdapat 2-5 WBC pada 1 rumpun padi segeralah antisipasi serangan tersebut.


KEUNGGULAN PADI PANDAN WANGI


Satu keunggulan padi pandan wangi yang sulit untuk disaingi oleh varietas lain, yaitu terlatak pada harga beras pandan wangi asli yang bisa mencapai 3 x lipat lebih mahal dibandingkan harga beras pada umumnya. 

Jika biasanya harga beras premium berkisar Rp. 15.000 /kg, maka harga beras pandan wangi asli skala medium bisa di hargai Rp. 25.000 /kg.

Disinilah letak keunggulan padi pandan wangi, jika 1 hektare sawah mampu menghasilkan 5 ton GKP padi pandan wangi maka itu setara dengan 8 ton lebih GKP padi varietas lain.

KELEMAHAN PADI PANDAN WANGI


Dalam budidaya padi pandan wangi bukannya tanpa resiko, karena pada umumnya hampir semua padi aromatik sangat disukai oleh hama wereng dan penggerek batang padi.

Seperti yang kita ketahui kedua hama tersebut adalah musuh utama para petani padi yang jika salah dalam penanganannya bisa berakibat pada gagalnya panen.

Bukan cuma itu saja yang menjadi kelemahan padi pandan wangi, salah satu yang menjadi kelemahan lainnya adalah mudahnya padi ini mengalami kerobohan, karena memang tinggi pohon padi ini yang bisa mencapai 170 cm.

Demikianlah pembahasan tentang padi pandan wangi kali ini. semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan padi pandan wangi. Tekan tombol berbagi untuk membagikan tulisan ini ke media sosial yang anda ikuti, agar semakin banyak yang mengetahui tentang karakteristik padi pandan wangi.

Buat anda yang pernah menanam padi pandan wangi silakan berkomentar di bawah ini dengan memberikan pengalaman anda selama menanam padi pandan wangi ini, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: