2 Cara Tepat Dalam Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman | Klik tani

2 Cara Tepat Dalam Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman

LALAT BUAH

Serangga Lalat buah adalah hama yang paling banyak menyerang tanaman buah di Indonesia Apalagi Indonesia yang menjadi salah satu negara agraris, pastilah tidak asing dengan hama lalat buah ini.

Serangan lalat buah biasa menyerang tanaman cabe, jeruk,  padi, jambu, mangga, dan lain-lain. Namun tanaman cabe dan jeruk menjadi kedua tanaman yang paling di sukai oleh Lalat Buah

Serangga Lalat Buah atau dalam bahasa Latin disebut Bactrocera sp, adalah salah satu serangga yang sangat tinggi tingkat reproduksinya, dalam satu 1 tahun saja, seekor lalat buah mampu bereproduksi sebanyak 8 sampai 10 generasi, dan tiap generasi menghasilkan 150 telur.

Setiap serangga Lalat buah yang akan bertelur akan memasukan ovipositornya kedalam buah, telur yang menetas akan menghasilkan larva, larva inilah yang akan memakan buah-buah tersebut sekaligus membentuk terowongan sebagai jalan keluar larva.

Penelusuran terkait
Strategi jitu membasmi hama kutu kebul sampai punah
Solusi terbaik menghadapi kutu kebul
Basmi tuntas Lembing dengan cara ini!

Setelah larva lalat buah berhasil keluar dari dalam buah, larva tersebut akan jatuh ke tanah, dan di tanah dia akan memendam dirinya sendiri lalu bermetamorposis menjadi Pupa (kepongpong), selama satu minggu pupa tersebut akan menetas menjadi Lalat buah. Begitulah siklus hidup serangga lalat buah.

Lalu bagaimana cara membasmi Lalat buah pada tanaman jeruk, cabe, dan lain - lain yang efektif?. Kali ini kliktani.com akan membahas tuntas tentang 2 cara mengatasi hama Lalat buah dengan menggunakan  kapur barus, dan racun untuk lalat buah.

1. Mengusir Lalat Buah Dengan Kapur Barus


Untuk mengusir lalat buat dari tanaman cabe atau jeruk, sebenarnya anda tidak memerlukan racun atau pestisida. anda bisa mengusir lalat buah dengan kapur barus. 

Cara menggunakan kapur barus sebagai pengusir Lalat buah cukup sederhana yaitu tinggal menggantung kapur barus didekat buah, cara ini terbilang cukup efektif dan efisien karena kapur barus cukup murah dan keberadaannya mudah di dapat.

Kapur barus memang di kenal sebagai zat padat berwarna putih yang efektif mengusir serangga yang ada di rumah, begitupun dengan Lalat buah yang tidak tahan dengan aroma kapur barus, karena aroma kapur barus adalah salah satu aroma yang tidak disukai lalat buah.

2. Racun Lalat Buah


Jika serangan serangga ini menyerang tanaman dalam tingkat serius, maka menggunakan racun lalat buah adalah alternatifnya, meskipun menggunakan insektisida lalat buah memiliki dampak negatif, seperti matinya serangga bukan sasaran, resistansi hama, dan residu insektisida tidak baik bagi manusia.

Ada berbagai macam merk insektisida yang khusus membunuh lalat buah yang mudah kita dapati di kios kios penjual pestisida, namun ada satu merk insektisida yang menjadi rekomemdasi kami yaitu Abacel 18 EC.

Abacel 18EC adalah racun lalat buah yang bersifat kontak dan lambung yang dapat di emulasikan dengan air, insektisida ini ampuh membunuh lalat buah dalam tempo 15 menit setelah terkena racun ini.

Demikianlah cara membasmi Lalat Buah pada tanaman jeruk, cabe, padi, dan lain-lain. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Jangan segan untuk memberikan komentar di bawah ini, dan bagikanlah tulisan ini jika artikel ini bermanfaat, karena kebaikan akan selalu berbuah manis kepada orang-orang yang suka berbagi. Terima kasih.



Subscribe to receive free email updates: