Cara Tepat Sasaran Membasmi Keong Mas Pada Tanaman Padi Yang Super Efektif | Klik tani

Cara Tepat Sasaran Membasmi Keong Mas Pada Tanaman Padi Yang Super Efektif

keong mas
Cara membasmi keong mas pada tanaman padi. KLIKTANI.COM Keberadaan hewan keong mas pada area pesawahan tidak jarang membuat para petani kesal dan jengkel. Bahkan tidak sedikit petani yang dibuat kewalahan dalam menghadapi serangan hama keong mas  yang memangsa dengan memakan batang hingga daun tannaman padi, Sehingga membuat tanaman padi menjadi terpotong dan menyebabkan kematian. Sebelum kita membahasa bagaimana cara membasmi keong mas pada tanaman padi, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai siklus hidup dan reproduksi keong mas secara singkat.

Keong emas atau biasa disebut dengan keong mas atau juga disebut dengan  siput murbai  merupakan hewan jenis Mollusca dari golongan Gastropoda.  Keong emas biasanya hidup di areal yang selalu tergenang oleh air seperti, sungai, rawa, ataupun danau. Akan tetapi  bukan berarti  bahwa  keong emas itu tidak bisa bertahan hidup di areal yang tanpa air, karena  pada musim kemarau hama keong emas biasanya mengubur dirinya ke dalam tanah yang  lembab dan mereka mampu bertahan hidup  selama 6 bulan tanpa terkena air.

Cara perkembang biakan hewan  keong emas dengan cara ovivar, mereka umumnya bertelor saat  menjelang pagi atau pada sore harinya. 1 ekor keong emas dalam waktu 30 hari mampu menghasilkan 1.000-1.200 butir telur.Telur-telur tersebut akan menetas dalam waktu 1 sampai 2 minggu. Namun demikian Siklus hidup hama keong emas terbilang cukup pendek.

Dalam melakukan serangan hama keong mas biasanya menyerang padi yang masih muda atau berusia 20 hari setelah tanam. Serangan hama keong mas pada tanaman padi terbilang cukup ekstrim (ganas)  karena 1 keong mas dewasa mampu memakan 1 rumpun padi pada satu malam yang berisi 25 pohon padi.  Apabila serangan ini di biarkan dan tidak di cegah, maka tanaman padi terancam tidak akan tumbuh dan mengalami kematian, sehingga kemungkinan besar terjadinya gagal panen.

Cara terbaik dalam mengantisipasi hama keong mas di area pesawahaan adalah dengan cara mengeringkan area pesawahan dari air, cara ini terbukti efektif dalam meredakan serangan hama keong mas dan tidak menimbulkan efek samping.  Dengan meniadakan air dari area sawah mampu membuat keong mas berhenti makan dan lebih memilih mengubur dirinya kedalam tanah. Namun jika area pesawahan selalu tergenang air dan sulit untuk dikeringkan maka gunakanlah racun pestisida dari golongan Molustisida untuk membasmi tuntas keong mas tersebut.

Cara membasmi keong mas pada tanaman padi dengan menggunakan racun/pestisida bisa kita ambil jika area sawah tersebut tergenang air dan sulit untuk di keringkan. Ada beberapa merk pastida yang efektif dalam membasmi hama keong mas seperti, Bentan, Bestroid, Furadan, Dan lain-lain. Tetapi secara pribadi kami merekomendasikan Pestisida merk Bentan untuk digunakan, karena merujuk dari harga dan kemampuan membasmi hama keong mas yang cukup efektif.

Cara pengaplikasian membasmi hama keong mas dengan menggunakan pestisida ini bisa dengan berbagai cara, diantannya :
  • Dilarutkan kedalam air, Campur pestisida dengan air sesuai takaran, setelah racun tersebut larut kedalam air maka semprotkan larutan tersebut ke area sawah secara merata, agar partikel-partikel racun tersebut langsung mengenai sasaran. Setelah selasai penyemprotan usahakan untuk tidak menambahkan air kedalam area pesawahan ataupun membuang air dari area peasawahan yang telah di semprotkan racun tersebut.
  • Di olesi ke daun-daunan,  Ambil daun papaya atau daun apapun yang menjadi makanan keong mas, lalu olesi dengan pestisida yang telah di campur dengan  sedikit air, setelah itu taruh di area sawah. Dengan cara ini mampu mengurangi beban tenaga kerja jika dibandingkan dengan cara penyemprotan.
  • Di campur dengan Bekatul/dedek, Cara memusnahkan keong mas dengan metode ini pernah kami bahas pada artikel sebelumnya, jika anda belum membacanya silakan klik link di bawah ini untuk mengetahui cara membasmi hama keong mas dengan menggunakan bekatul.  
Membasmi Keong Mas dengan Bekatul  

Subscribe to receive free email updates: