Membuat pupuk kompos dengan sampah organik yang mudah, murah, dan singkat. | Klik tani

Membuat pupuk kompos dengan sampah organik yang mudah, murah, dan singkat.

cara membuat pupuk kompos dari daun, cara membuat pupuk kompos dari sampah organik, cara membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga,cara membuat pupuk kompos dari kotoran sapi, cara membuat pupuk kompos dari daun kering dengan em4, cara membuat pupuk kompos dari kotoran kambing, cara membuat pupuk kompos dari rumput liar, cara membuat pupuk kompos sederhana, cara membuat kompos sederhana dan cepat, cara membuat pupuk kompos cair, cara membuat pupuk dari rumput
Cara membuat pupuk kompos  Kliktani.com. Membuat pupuk kompos sebenarnya sangatlah mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan, hanya membutuhkan bahan-bahan dasar yang sederhana dan mudah di dapat, meski di bandingkan dengan pupuk kimia (Urea) pupuk kompos tidaklah jauh berbeda kualitasnya dengan pupuk kimia. 

Memang kebanyakan dari para petani lebih memilih pupuk kimia dari pada menggunakan pupuk kompos dalam mengolah lahan pertaniannya, ini dikarenakan pupuk kimia bekerja secara instan berbeda dengan pupuk kompos yang lebih lambat dalam mengurai unsur hara yang ada didalam tanah. Kita bisa bandingkan tanaman yang menggunakan pupuk kimia dan pupuk kompos, reaksi yang di dapat jika menggunakan pupuk kimia hanya memerlukan waktu 24 jam saja dalam penguraiannya tetapi jika menggunakan pupuk kompos memerlukan waktu paling cepat 15 hari. Inilah yang membuat pupuk kompos di tinggalkan oleh para petani.

Namun demikian, penggunaan pupuk berbahan kimia secara terus menerus memiliki efek samping, yang membuat tingkat kesuburan tanah semakin menurun, selain itu pula semakin mahalnya harga pupuk kimia dan di tambah dengan sering menghilangnya keberadaan pupuk kimia di pasaran pada saat tanaman memerlukan pemupukan, membuat pupuk kompos menjadi alternatif yang menguntungkan bagi petani, terlebih lagi harga pupuk kompos sangatlah ekonomis.

Baca juga artikel menarik lainnya:
Cara membuat EM4 terlengkap
Membuat MOL bonggol pisang dengan mudah
Cara termudah membuat POC Hijau 

Selain bisa didapat dengan cara membeli di kios-kios penyedia pupuk, membuat pupuk kompos atau organik juga kita bisa kita lakukan sendiri, bahkan dengan kualitas yang lebih baik dari pada kita membeli di kios pupuk. Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat pupuk kompos pun bisa sangat mudah didapatkan di sekeliling kita, kita hanya tinggal mencari dan mengumpulkannya untuk di olah menjadi pupuk kompos. Berikut kami berikan 2 cara membuat pupuk kompos yang mudah dan murah:

CARA PERTAMA
  • 500 kg Kotoran Sapi / Kerbau / Kambing / Domba plus sampah organik (sisa sayuran)
  • 15% Abu Dapur
  • 50% Air sumur
  • 10% Kapur mati
  • 5% Dedek kasar
  • 10% Air Urine Sapi / Kerbau / Kambing / Domba
  • EM4 atau bakteri pengurai lainnya. 
Proses cara pembuatan pupuk kompos ala kliktani.com dengan bahan-bahan diatas dengan mudah dan benar.
  1. Keringkan dahulu kotoran hewan dan sampah organik agar tidak mengandung air, setelah proses pengeringan selesai, aduk sampai rata antara campuran kotoran hewan (kohe), sampah organik dan EM4. Setelah bahah tersebut tercampur sempurna, buatlah jadi satu gundukan seperti gunung dengan tinggi 50 cm.
  2. Setelah membetuk gundukan taburi secara berurutan dengan dedek kasar, abu dapur, dan kapur mati diatasnya. Lalu siram dengan air sumur dan lanjutkan dengan menyiram gundukan dengan urine hewan.
  3. Setelah langkah kedua selesai, tutup rapat-rapat menggunakan terpal atau plastik hitam agar tidak terpapar sinar matahari dan menahan sirkulasi udara. 
  4. Setelah 1 minggu di endapkan, aduk kembali adonan pupuk kompos tersebut sampai rata, agar penguraian lebih sempurna tambahkan kembali urine hewan dan air sumur secukupnya, lalu tutup kembali seperti semula.
  5. 1 minggu kemudian pupuk kompos sudah siap di gunakan ataupun disimpan.
CARA KEDUA
Untuk cara kedua kami akan sajikan melalui video tutorial membuat pupuk kompos, yang kami sematkan dari chaenel yutube bernama IFAN IQBAL


Untuk komposisi penggunaan pupuk kompos pada tanah normal adalah 10 ton/ha, tetapi jika kondisi tanah sudah jenuh karena terlalu sering menggunakan pupuk kimia, penggunaan pupuk kompos harus di campur pupuk kimia sebanyak 200 kg per 10 ton pupuk kompos untuk ukuran luas lahan 1 hektare. Untuk cara aplikasi pupuk kompos agak sedikit berbeda, pupuk kompos dianjurkan pengaplikasiannya pada saat 5 atau 10 hari sebelum masa tanam, ini dilakukan agar tanaman.

Demikian cara membuat pupuk kompos, mudah dan murah bukan?, Klik link shere media sosial dibawah ini jika tulisan ini bermanfaat agar bisa mengurangi pencemaran supaya tanah kita tetap subur.
 

Subscribe to receive free email updates: