Cara pengendalian penyakit blas pada tanaman padi | Klik tani

Cara pengendalian penyakit blas pada tanaman padi

Penyakit blas pada tanaman padi sering di jumpai baik pada masa vegetatif maupun pada masa generatif, penyakit blas pada ini di sebabkan oleh jamur Pyricularia grisea yang menyerang daun padi sehingga daun padi berubah mejadi bintik-bintik coklat dan lama kelamaan akan menyerang leher batang padi, sehingga malai padi akan terputus dari batang.

Dalam mengantisifasi penyakit blas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan para petani agar dapat terhindar dari serangan penyakit blas ini. Berikut cara-cara agar terhindar dari penyakit blas dengan tehnik budidaya.

1. Penanaman benih sehat




2. Perendaman benih padi (Soaking)

 
3. Cara pelapisan benih (Coating)

 
4.  Cara Tanam


5. Pemupukan

 
Kelima cara tersebut bisa dilakukan oleh para petani untuk dapat menghindari tanaman padinya agar terhindar dari penyakit blas, Selain kelima cara tersebut petan juga bisa mengguakan benih varietas tahan blas seperti, Inpari 21, Inpari 22, Inpari 26, Inpari 27, Inpago 4, Inpago 5, Inpago 6, Inpago 7, dan Inpago 8.

Namun jika penyakit blas tersebut terlanjur menyerang tanaman padi, Ada beberapa cara dan kiat untuk menanggulangi penyakit blas yaitu dengan cara penyemprotan (spray) dengan menggunakan bahan kimia berjenis fungisida berbahan aktif seperti, Isoprotiolan, Triziklazole, Kasugamycin, dan Thiophanate methyl.

Untuk penanggulangan secara efektif dan efisien, sebaiknya para petani melakukan kiat-kiat di bawah ini untuk menghindari tanaman padi dari penyakit blas.

 

Subscribe to receive free email updates: