Cara mudah dan murah dengan hasil WAHH. Budidaya hidroponik sistem wick | Klik tani

Cara mudah dan murah dengan hasil WAHH. Budidaya hidroponik sistem wick

Dari sekian banyak cara bercocok tanam dengan metode Hidroponik, salah satu cara yang paling mudah dan murah adalah dengan menggunakan metode sistem sumbu atau biasa juga disebut dengan metode sistem wick.

Sistem wick dalam dunia hidroponik sangat mudah dilakukan bahkan bagi orang awam sekalipun karena kemudahan cara dan alat-alat yang digunakan tidak tergolong sulit untuk di temukan, bahkan bisa juga menggunakan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai.


Budidaya hidroponik sangat di gandrungi oleh masyarakat perkotaan karena bisa bercocok tanam tanpa memerlukan lahan yang luas, apalagi dengan sistem wick seperti ini yang bisa sekaligus menjadi hiasan rumah sehingga rumah menjadi lebih indah dan hijau.

Berikut ini adalah tips-tips pembuatan hidroponik sistem wick dengan menggunakan media botol bekas air  mineral.

Alat-alat yang di gunakan.
  • Botol bekas air mineral 600 ml
  • Kain Planel / sumbu kompor / kain yang dapat menyerap air
  • Rockwool atau bisa juga menggunakan busa bekas jok maupun menggunakan arang sekam.
  • Nutrisi AB mix
Cara membuat wadah dengan botol
Potong botol bekas air mineral menjadi 2 bagian, botol yans sudah di bagi dua, lalu beri lubang pada bagian atas botol untuk memasang kain planel kemudian timbun dengan rockwool atau sekam. Selanjutnya pada bagian bawah di isi dengan air yang sudah di campur dengan nutrisi. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini.


Semua jenis tanaman sayur bisa dibudidayakan melalui sistem hidroponik, karena kekuatan sistem ini terletak pada nutrisinya, gantilah air nutrisi 10 - 15 hari sekali agar tanaman kita menjadi lebih subur.

Subscribe to receive free email updates: