20 Jenis dan Macam Buah Mangga Paling Populer Buat Warga +62 - kliktani.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Jenis dan Macam Buah Mangga Paling Populer Buat Warga +62

Mangga merupakan buah yang memiliki berbagai macam cita rasa, ada yang terasa masam dan juga ada yang sangat manis. Buah ini memiliki berbagai macam jenis varietas di dunia, di Indonesia sendiri tercatat lebih dari 20 varietas buah mangga. Iklim yang mendukung dan tanah yang subur merupakan berkah dari Sang Pencipta, sehingga berbagai jenis flora dapat tumbuh sempurna.

Buat warga +62 atau masyarakat Indonesia, mangga merupakan buah yang cukup familiar dan banyak yang menyukainya, baik yang masih muda untuk di jadikan rujak atau yang dudah masak, jadi tidak heran jika buah ini selalu hadir pada di toko buah. 

Nah berikit ini 20 jenis buah mangga yang paling di senangi buat warga +62.

1. Mangga Indramayu

Ya, seperti namanya, buah ini memang pertama kali di kembangkan di kota Indramayu Jawa Barat. Mangga Indramayu termasuk katagori varietas mangga paling enak yang di miliki oleh Indonesia, memliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis membuat mangga ini di minati hampir semua orang.

Mangga ini juga dikenal dengan sebutan mangga cengkir. Ukurannya yang cukup besar dengan daging buah cukup tebal dan kaya serat serta aromanya yang khas. Tidak seperti jenis mangga lainnya yang banyak mengandung air, tekstur buah ini cenderung tak begitu berair dan tebal. 

2. Mangga Gedung Gincu

Di nomer dua ada jenis mangga gedong gincu, Buah yang satu ini terkenal dengan daging dan juga  kulitnya yang berwarna kuning kemerahan. Ukuran gedong gincu ini cenderung lebih kecil dan bulat dari mangga lainnya. Mangga gedong gincu ini banyak dikembangkan di daerah Cirebon, Indramayu, dan Majalengka.

Dinamai Gedong Gincu, karena konon katanya mangga ini jadi favorit para bangsawan Belanda yang memiliki rumah yang gedong (mewah), dan warna kulitnya yang merah seperti gincu (lipstik).

3. Mangga Harum Manis

Di posisi ketiga ada Mangga Arumanis. Yap.. jenis mangga ini merupakan slah satu jenis yang sangat populer di Indonesia. Sesuai dengan penamaanya, Varietas mangga yang satu ini memiliki aroma harum dengan rasanya yang manis. Di di daerah asalnya Probolinggo buah ini ini di namai dengan sebutan mangga Gadung dan menjadi buah kebanggan dari daerah tersebut.

Dari bentuknya, Arumanis memiliki kulit berwarna hijau dengan bentuk buah yang lonjong dengan ujung meruncing.  Tetapi memliki tekstur daging yang sangat lembut lembut.

4. Mangga Manalagi

Urutan ke 4 ada Mangga manalagi, Dinamakan manalagi karena ketika memaknya orang akan ketagihan merasakan mangga yang satu ini karena berkat rasanya yag sangat manis. Warna kulitnya hijau saat masih muda dan agak hijau gelap saat matang, yang menjadi ciri khas dari mangga ini adalah bintik putih pada kulitnya.

Daging buah mangga manalagi ini berwarna kuning muda serta agak padat, tebal, dan kaya serat. Bentuknya kecil cenderung bulat. Saat masih mengkal (setengah matang) rasanya sudah cukup manis dan aromanya juga mulai harum. Ketika benar-benar sudah matang dagingnya akan terlihat lebih gelap dan rasanya akan sangat-sangat manis.

5. Mangga Madu

Sepintas mangga madu ini terlihat persis dengan mangga gadung, kecuali untuk warna kulitnya yang berwarna kuning cerah saat matang. Seperti namanya buah ini memiliki rasa yang manis bagaikan madu meskipun daging buahnya masih berwarna putih.

Mangga jenis ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan mangga manalagi. Namun, Mangga madu tidak hanya di budidayakan di Indoensia saja, ada pula yang berasal dari luar negeri seperti dari India, Thailand, Hawaii, Florida dan Afrika Selatan.

6. Mangga Alpukat


Di peringkat ke 6 ada Mangga Alpukat, Memang banyak orang menyebut buah mangga jenis ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan buah alpukat. Yap.. Banyak orang yang berfikir bahwa mangga ini hasil perkawinan antara pohon mangga dan alpukat, Eits.. Ternyata salah. mangga alpukat ini merupakan hasil dari perkawinan silang antara mangga gadung dengan mangga madu.

Disenut mangga Alpukat kerana mangga jenis ini terbilang unik karena cara makan mangga alpukat ini adalah dengan membelah dua bagian tengahnya, dan makannya dengan sendok. Selayaknya seperti sedang makan buah alpukat.

7. Mangga Golek

Jenis mangga lokal asal Probolinggo dan Pasuruan ini namanya sudah sangat tenar. Jauh jauh hari pemerintah sudah melepas mangga golek ini sebagai varian unggul. Buah mangga ini memiliki bentuk fisik yang panjang, ujungnya meruncing dan tak berparuh. 

Warna buah saat masih muda hijau sedangkan yang tua berwarna kuning pada pangkalnya, dan kehijauan pada ujungnya. Kulit tidak begitu tebal, halus, dan terdapat bintik bintik kelenjar yang berwarna putih kehijauan dan berubah menjadi cokelat setelah buah tua. 

Daging buah tebal, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan bila diiris tidak banyak mengeluarkan air. Rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. Panjang buahnya 17 cm dengan berat kurang lebih 500 g. Produktivitas rata-rata per pohon sekitar 52 kg.

8. Mangga Gajah

Mangga gajah sebenarnya adalah jenis mangga arumanis, namun ukurannya yang jumbo sehingga disebut gajah, rasa buah dan teksturnya sama dengan arumanis. Mangga gajah cocok untuk dataran rndah dengan cuaca panas, musim buah biasanya diawali dari bulan Agustus – November, bibit mangga gajah yang kami produksi berasal dari okulasi, akan berbuah dalam 3 – 5 tahun.

9. Mangga Kweni

Buah mangga yang satu ini mempunyai ciri khas sendiri, terutama dari aromanya yang wangi. Kweni, itulah namanya, dikenal dengan nama latin Mangifera odorata. Di setiap daerah kweni memiliki sebutan dengan beberapa nama seperti: pakel, lekup, kuini, macang, bembem, kabeni, embacang, dan lain sebagainya.  

Jika kweni matang disimpan di sebuah ruangan atau dalam lemari makanan, aroma wanginya yang tajam dan berbau khas akan mudah tercium. Bagi orang yang belum mengenal kweni, mungkin akan menduga wangi tersebut bersumber dari aroma parfum ruangan.

10. Mangga Apel

Mangga apel bentuknya mirip sekali dengan buah apel makanya dinamakan mangga apel, rasanya masam ketika masih muda dengan kulit hijau kemerah-merahan pada pangkalnya. Aroma buahnya harum.

11. Mangga Malibu



Sejatinya, mangga jenis ini merupakan salah satu mangga impor dari Australia, tepatnya di pertanian Berry Springs, selatan Darwin. Meski begitu, keberadaannya di Indonesia cukup populer. Salah satu keunikan mangga ini tidak lain karena rasanya mirip seperti buah kelapa.

Mangga ini merupakan hasil kawin silang antara jenis mangga irwin dan kensington pride. Tak heran, fisik mangga malibu terlihat lebih besar dan berwarna lebih merah dibanding jenis mangga kebanyakan.

12. Mangga Irwin



Salah satu varian mangga introduksi dari Australia yang selain mempunyai tampilan menarik tetapi juga meliliki rasa ‘ramai’ ialah Mangga Irwin. mangga Irwin meliliki tampilan warna merah yang menarik pada buahnya, warna merah pada buah mangga ini muncul dikarenalan adanya hormon antosianin. 

Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ. Pada irwin antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai. Pigmen karotenoid yg tersebar merata di kulit buah memberi latar warna kuning. Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah.

Mangga Irwin yang dapat mencapai ukuran cukup besar mencapai berat 500 gr perbuahnya ini mempunyaitekstur daging padat agak berair dengan serat cukup halus dan mengandung sedikit tepung. Rasa manis berkat kadar gula 12-15º briks memenuhi rongga mulut. Itu diakhiri sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah.

13. Mangga Kelapa

Mangga kelapa dapat mencapai berat rata-rata 1 kg, bentuknya mirip kelapa gading, dan berwarna hijau bulat. Dagingnya tebal dan harum. Mangga kelapa berasal dari daerah Medan Sumatera Utara.

Dibanding varian mangga yang lain, mangga kelapa ini cukup unik, panjang tangkai buahnya dapat mencapai 0,5 m, dan setiap tangkai hanya digantungi satu buah.

14. Mangga Nam Dok Mai

Mangga yang berasal dari negara gajah putih, Thailand, ini memiliki beberapa keunikan. Selain ukuran panjangnya yang bisa mencapai 17 cm, kelebihan lain dari mangga ini yaitu daging buahnya yang tebal, serat halus, mengandung lebih sedikit air, tekstur yang lebih lunak, dan rasanya yang manis.

15. Mangga Parked

Mangga parked mempunyai bentuk lonjong seperti harumanis, dagingnya tebal dengan biji tipis. Rasanya manis & harum. Warna kulitnya merah pada ujung tangkal tangkai.

Mangga parked termasuk jenis mangga dari luar, struktur buahnya empuk & hampir tanpa serat & bijinya sangat tipis, itulah yg menyebabkan mangga jenis ini banyak di gemari oleh para penggemar mangga.

16. Mangga Okyong

Mangga okyong ialah mangga yg berasal dari thailand, struktuir buahnya empuk dan hampir tanpa serat dan biji nya sangat tipis, itulah yg menyebabkan mangga jenis ini banyak di gemari oleh para penggemar mangga khususnya warga Asean. 

17. Mangga Lali Jiwo

Mangga lali jiwo ini asli dari Probolinggo dengan rasa yang manis meskipun masih mentah, apalagi bila sudah matang rasanya manis mak nyus. Kalau sudah masak, rasanya akan lebih manis, lebih gurih dan juga lebih harum lagi.

Itulah sebabnya mangga ini disebut sebagai lalijiwo yang artinya lupa jiwa. Demikianlah latar belakang penamaan mangga ini. Maksudnya, siapapun yang makan mangga ini akan melupakan segala-galanya.

18. Mangga Nan Klangwan

Nan Klangwan adalah satu dari empat jenis mangga unggul di Thailand, disamping Nam dokmai, Khieo Sawoi, dan Thong Dum dimana di negara asalnya mangga ini ditanam untuk diekspor buahnya. Dalam bahasa Thailand, memang Nan Klangwan sendiri berarti dikonsumsi mengkal.

Ketika dimakan mengkal, daging buah mangga Nan Klangwan sangatlah renyah dengan rasa segar yg merupakan perpaduan antara rasa mangga Indramayu beraroma manalagi & apel pear. Saat matang, daging buah mangga Nan Klangwan akan berwarna kuning muda dengan rasa manis menyegarkan.

19. Mangga Malgova

Salah satu varietas mangga yang sedang populer saat ini adalah jenis mangga malgova. Buahnya yang memiliki bentuk bulat agak lonjong, serta rajin berbuah ini oleh para pencintanya sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah.

Sejumlah situs tentang tanaman dan pertanian melansir bahwa mangga malgova juga punya ciri khas lain berupa rasa yang sangat asam bila buahnya belum masak sempurna. Kulit buahnya berwarna hijau tua dan berpadu dengan warna merah.

Sementara daging buahnya cukup tebal dan berwarna kuning muda serta mengandung banyak air. Jika sudah matang sempurna di pohon, rasa asamnya akan berkurang dengan aroma yang tidak terlalu harum. Rata-rata panjang buah mangga malgova ini sekitar 7 cm dan bobotnya sekitar 200 gram per buah.

20. Mangga Thunder

Mangga Thunder ini memiliki rasa manis renyah seperti crispy. Bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau. Nama lain mangga Thunder mempunyai bobot buah 250 – 400 gram. Pohon mangga Thunder tumbuh dengan ketinggian relatif rendah, mambentuk kanopi terbuka dan akan mulai berbuah umur 2 tahun dari bibit. 


Itulah 20 Jenis dan Macam Buah Mangga yang populer buat warga Indonesia, Apakah anda pernah mencicipi semuanya?. Jika Sudah selamat berarti anda adalah pencinta buah mangga sejati.

Post a Comment for "20 Jenis dan Macam Buah Mangga Paling Populer Buat Warga +62"