5 Merk Fungisida Terbaik Berbahan Aktif Mankozeb - kliktani.com

5 Merk Fungisida Terbaik Berbahan Aktif Mankozeb


Dalam bisnis atau budidaya tanaman, (Baik itu jenis tanaman Hortikultura, Palawija atau Tanaman hias). Fungisida merupakan mitra sejati para petani, karena memiliki peran penting dalam menjaga tanaman dari berbagai gangguan penyakit, fungisida sendiri memiliki berbagai jenis bahan aktif yang terkandung di dalamnya, dan salah satu yang terbanyak di pakai oleh produsen pestisida adalah bahan aktif Mankozeb.

Mankozeb adalah bahan aktif yang termasuk golongan M3, yaitu Ditio-Karbamat, Golongan Ditio-Karbamat merupakan fungisida yang bereaksi (bekerja) dan meng-inaktivasi kelompok sulfhidril asam amino dan enzim sel jamur yang mengakibatkan gangguan metabolisme lipid dan respirasi. Bahan aktif Mankozeb bekerja secara kontak pada banyak target sehingga dapat diaplikasikan untuk mengendalikan berbagai jenis penyakit tanaman.

Nah.. dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas 5 merk fungisida terbaik berbahan aktif mancozeb yang bisa anda gunakan dalam mengatasi berbagai jenis jamur patogen.


1. BION-M 1/48 WP

BION M 1/48 WP adalah fungisida dengan dua buah bahan aktif yaitu; asibenzolar-s-metil 1 % dan mankozeb 48 %. Bekerja secara racun kontak dan sistemik berbentuk tepung berwarna coklat kekuning-kuningan yang dapat disuspensikan. Kedua bahan aktif ini sudah teruji efektif dalam memberantas cendawan (jamur) yang merusak tanam sepert; penyakit antraknosa, patek, busuk buah, busuk kering, busuk basah dan bercak daun.

Untuk lebih lengkap tentang fungisida Bion M 1/48 WP, anda bisa membacanya di artikel berjudul "keunggulan dan fungsi Bion-M 1/48 WP bagi tanaman".


2. DITHANE-M45 80 WP 

DITHANE-M45 80 WP adalah fungisida berbahan aktif mancozeb 80%, berbentuk tepung berwarna kuning keabu-abuan yang dapat disuspensikan yang berkhasiat sebagai obat pengendali jamur/cendawan pada tanaman seperti; apel, bawang, bawang merah, bawang putih, cabai, cengkeh, kakao, kacang tanah, karet, kedelai, kelapa, kentang, kina, kopi, panili, padi, petsai, rosella, tembakau, teh, dan tomat. 

Bahan aktif mankozeb yang terkandung  dapat di andalkan dalam mengendalikan penyakit bercak daun, busuk buah, busuk akar, busuk batang,  penyakit karat, dan penyakit lainnya yang biasa menyerang tanaman akibat terkena cendawan.  Selengkapnya baca di "Keistimewaan dan Fungsi DITHANE M45 80 WP Bagi Tanaman".


3. RIDOMIL GOLD MZ 4/64 WG


Fungisida Ridomil gold merupakan Fungisida sistemik dan kontak yang bersifat preventif dan kuratif yang bekerja mengendalikan penyakit langsung ke pusatnya. Mengandung dua bahan aktif yang akan melindungi dan mengendalikan penyakit dari bagian luar dan dalam tanaman. 


Fungisida Ridomil gold ini sangat mudah diaplikasikan dan sangat efektif untuk mengendalikan semua penyakit utama jamur/cendawan golongan Oomycetes, penyakit blendok (Phytophthora citrophthora) pada jeruk, busuk daun (Phytophthora infestans) pada tanaman kentang tomat, penyakit (Phytophthora palmivora) pada tanaman kakao serta penyakit embun bulus (Pseudoperonospora cubensis) pada melon.


4. CURZATE 8/64 WP

Dua Bahan Aktif mankozeb 64% dan simoksanil 8%, efektif mengendalikan penyakit busuk basah, Penyakit tepung palsu (Plasmophara viticola), Penyakit bercak daun (Alternaria porii),  Penyakit busuk daun (Phytophthora infestans) dan Penyakit embun bulu (Pseudoperonospora cubensis). 

Dengan kehebatan aksi 3 plus 1 yang melegenda, terpercaya memberikan perlindungan menyeluruh dan mengoptimalkan hasil panen.

Keunggulan

  • Bersifat preventif dan kuratif. 
  • Persistensi yang singkat (4-7 hari) 
  • Aktifitas translaminar pada tanaman 
  • Mempunyai aktivitas Antisporulasi


5. MANDAZIM 74/6 WP

Fungisida sistemik berbentuk tepung berwarna kuning kecokelatan yang dapat disuspensikan untuk mengendalikan penyakit pada bawang merah, cabai merah, kentang, padi, pembibitan tembakau, tomat, dan kakao.

Fungsi fungisida Mandazim pada tanaman akan memperpanjang masa petik mejadi lebih panjang, pengisian menjadi lebih optimal sehingga produksi lebih tinggi

Keunggulan:

  • Lebih kuat mencegah penyakit busuk buah pada tanaman cabe
  • Lebih kuat mengendalikan penyakit busuk/patah leher pada tanaman padi
  • Meningkatkan jumlah petik pada tanaman kacang panjang
  • Meningkatkan hasil panen kacang hijau dan kedelai.


Tercatat ada lebih dari 100 Merk fungisida aktif Mankozeb dari berbagi produsen pestisida, 5 merk fungisida yang kami hadirkan di sini adalah hasil dari pengamatan kami di lapangan, tetapi tidak semua prodak fungisida berbahan aktif tersebut kami pakai dan uji di lapangan.


PENUTUP

Dalam bisnis budidaya tanaman, tanaman yang tumbuh subur dan sehat merupakan investasi yang berharga, oleh karena itu hama dan penyakit harus secepatnya di tuntaskan sejak pertama kali di temukan, semakin dini ditemukan maka semakin mudah untuk diatasi.

Kehadiran pestisida sebagai racun pengendali hama dan penyakit harus di gunakan secara bijak oleh pembudidaya tanaman, agar residu yang ditinggalkan oleh pestisida tidak berdampak buruk bagi lingkungan di kemudian hari, Maka gunakanlah pestisida sesuai dengan fungsinya.

Perlu diperhatikan! Jangan tergiur dengan pestisida yang harganya murah namun tidak memiliki efektivitas dalam menangani hama atau penyakit, karena akan berdapak buruk bagi lingkungan dengan sisa residu yang di tinggalkan, atau juga membeli pestisida yang mahal harganya namun belum teruji khasiatnya, karena itu cermatlah dalam memilih prodak pestisida.

Demikianlah ulasan tentang 5 Merk Fungisida Terbaik Berbahan Aktif Mankozeb, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua, khususnya bagi anda yang sedang berbisnis atau budidaya tanaman. Terimakasih.

0 Response to "5 Merk Fungisida Terbaik Berbahan Aktif Mankozeb"

Post a Comment

Iklan Tautan

3361

Tautan