REKOMENDASI WAKTU PEMUPUKAN PADI YANG BAIK DAN BENAR - kliktani.com

REKOMENDASI WAKTU PEMUPUKAN PADI YANG BAIK DAN BENAR

Waktu pemupukan padi merupakan salah satu kunci sukses untuk mendapatkan hasil panen padi yang maksimal. Oleh sebab itu kita harus mengetahui pemupukan padi yang baik dan benar, Karena jika salah waktu dalam memberikan pupuk pada padi, bukannya hasil yang melimpah yang didapat tetapi justru risiko kegagalan yang di dapat. Lalu bagaimanakah langkah yang baik dan benar dalam melakukan pemupukan padi, berikut REKOMENDASI WAKTU PEMUPUKAN PADI YANG BAIK DAN BENAR.

REKOMENDASI PEMUPUKAN PADI DENGAN BERBAGAI JENIS PUPUK

1. Urea, SP36 dan KCl

Dalam menggunakan pupuk dengan kombinasi ini, Kita dapat menggunakan perbandingan sebagai berikut: Urea 200-250 kg, SP36 : 100-150 kg, KCL : 75 kg, (dalam satuan hektar).
  • Hari pertama sebelum penanaman, gunakan pupuk SP36.
  • 7 hari setelah penanaman, gunakan pupuk Urea dan KCl.
  • 20 hari setelah penanaman, gunakan pupuk urea.
  • 30 hari setelah penanaman, gunakan pupuk urea dan KCl.

2. Urea dan NPK Ponska

Untuk menggunakan pupuk dengan kombinasi ini, Kita dapat menggunakan perbandingan sebagai berikut : Urea : 100 kg, NPK : 300 kg, per hektar.
  • 7 hari setelah tanam,  berikan pupuk urea dan pupuk NPK Ponska.
  • 20 dan 30 hari setelah tanam, berikan kembali pupuk urea dan NPK Ponska.

3. Urea dan NPK Pelangi.

Untuk menggunakan pupuk dengan kombinasi ini, Kita dapat menggunakan perbandingan sebagai berikut :  Urea :100 kg, NPK pelangi  : 300 kg  per satu hektar.
  • 1 hari setelah tanam, berikan pupuk NPK Pelangi.
  • 7 hari setelah tanam, berikan pupuk urea.
  • 20 dan 30 hari setelah tanam, berikan pupuk urea kembali.

WAKTU PEMUPUKAN PADI YANG BAIK DAN BENAR

Usia Tanaman Padi

Tanaman padi juga merupakan makhluk hidup yang sama seperti manusia, tanaman padi juga membutuhkan nutrisi untuk dapat tumbuh dan berkembang. Nutrisi yang di perlukan untuk tanaman padi bisa tumbuh dengan optimal memerlukan nutrisi yang berbeda-beda dalam setiap tahapan usia. Nutrisi yang diperlukan manusia pada saat masih bayi akan berbeda ketika manuia sudah dewasa. Begitupun dengan tanaman padi. Pada tahapan usia tertentu, padi membutuhkan nutrisi khusus.

Saat padi berusia 0-2 minggu. Pada saat usia ini tanaman padi masih tumbuh dengan lambat, sehingga belum terlalu membutuhkan pupuk urea (N). Sebaliknya, padi muda sangat membutuhkan pupuk jenis Phoska, karena pupuk ini memiliki kandungan fosfor (P), kalium (K), dan sulfur (S). 

Aturan ini juga berlaku ketika kita memberikan pupuk majemuk. Perhatikan usia tanaman padi sebelum memberikan pupuk dengan dua kandungan yang berbeda, Misalnya pupuk SP36 sebaiknya diberikan pada saat padi masih muda.

Waktu Pemupukan Yang Baik dan Benar

Cara pemupukan padi yang baik dan benar haruslah memperhatikan waktu pemberian pupuk pada tanaman padi. Kita tidak bisa sembarangan memberikan pupuk pada saat atau waktu yang tidak anjurkan. Karena pemberian pupuk pada waktu yang salah bisa menyebabkan pupuk tidak terserap dengan baik dan tanaman padi pun tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk memberikan pupuk?, Waktu yang paling baik untuk melakukan pemupukan adalah saat pagi hari, (jam 8-10). Karena pada rentang waktu tersebut, embun sudah mulai meninggalkan tanaman, dan sinar matahari juga belum terlalu terik. 

Kita juga bisa memberikan pupuk saat sore hari, mulai pukul 16 hingga 17.  Hindari pemupukan padi pada waktu hujan, atau mendung karena berpotensi menghilangkan fungsi pupuk.

Beda Daerah Beda Kebutuhan Pupuk

Kita mungkin pernah dapat rekomendasi pemupukan padi yang baik dari seorang petani atau penyuluh di daerah lain. Cara tersebut berhasil dan bisa meningkatkan hasil panennya di tempatnya. Kita tentu sangat tertarik untuk mencoba hal tersebut. Namun tunggu dulu, bukan berarti cara pemupukan tersebut akan berhasil untuk sawah dan tanaman padi kita. Mengapa?

Karena tidak setiap tempat atau daerah memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda. Daerah yang tanahnya subur jelas akan membutuhkan pupuk lebih sedikit, dibandingkan dengan daerah yang tandus. Kandungan zat hara pada tanah yang subur tentu lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tanah yang kering. Untuk itu, sebaiknya kita benar-benar memahami seperti apa kondisi sawah atau lahan yang dijadikan tempat menanam padi.

Cara pemupukan padi yang kami tulis diatas adalah rekomendasi pemupukan padi pada daerah yang tanahnya ber Ph Normal. 

0 Response to "REKOMENDASI WAKTU PEMUPUKAN PADI YANG BAIK DAN BENAR"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan