Cara Membuat Prebiotik (Vitamin) Lele Paling Mudah dan Paling Dahsyat - kliktani.com

Cara Membuat Prebiotik (Vitamin) Lele Paling Mudah dan Paling Dahsyat

Probiotik lele

Cara Membuat Prebiotik Lele haruslah bisa dilakukan bagi para pelaku usaha budidaya ternak lele, karena jika bisa membuat prebiotik sendiri pastilah mempermudah dalam usaha berternak lele. Sebenarnya cara membuat prebiotik  untuk lele cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja dan juga bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah di dapat yang ada di sekitar kita.

Prebiotik atau vitamin lele sangat berguna bagi orang yang berbisnis ternak ikan ini, karena dengan menggunakan prebiotik, Ikan lele menjadi lebih cepat besar dan juga sehat. Prebiotik atau vitamin sendiri di gunakan sebagai campuran pakan (makanan).

Sebenarnya Vitamin atau Prebiotik untuk suplemen tambahan pakan ikan lele bisa di dapatkan dengan cara membelinya di kios atau toko pupuk. Tetapi kita juga bisa membuat suplemen buatan sendiri dengan mudah.

Ada beberapa cara dalam membuat prebiotik yang di gunakan sebagai suplemen campuran makanan ikan berkumis ini, Namun kami akan memilih cara terbaik dan paling mudah  untuk di kerjakan, Sehingga yang membuatnya tidak merasa di repotkan dengan bahan baku dan pengerjaannya.

Berikut ini adalah cara membuat prebiotik untuk ikan Lele.

Bahan-bahan :

  • Air Mineral 3 liter
  • Jahe 100 gram
  • Temulawak 100 gram
  • Kencur 100 gram
  • Kunyit 100 gram
  • Gula Putih 175 gram
  • Ragi 1/8 sendok

Cara Membuat

Tumbuk sampai halus ke empat bahan diatas (Kunyit, Jahe, Temulawak, dan Kencur), Setelah halus campurkan gula putih lalu aduk sampai merata, seteelah diaduk rata masukan kedalam air dan tambahkan ragi lalu aduk kembali sampai gula dan raginya larut kedalam air.

Setelah itu masukan air campuran tersebut kedalam wadah yang bisa ditutup rapat seperti jerigen ataupun taperware. Setelah itu tutup rapat rapat agar tidak ada udara yang bisa masuk dan keluar, hal ini bertujuan agar fermentasi bisa sempurna. Namun bukalah penutup wadah 1-2 kali sehari selama 1 menit untuk membuang uap yang dihasilkan dari fermentasi agar tidak meledak.

Khasiat

  1. Menambah daya tahan tubuh ikan lele dari bakteri dan penyakit
  2. Memudahkan sistem pencernaan ikan lele
  3. Menambah nafsu makan
  4. Menaikan kualitas pakan / makanan lele sebanyak 1 % perkilo

Cara Pemberian

prebiotik lele
Contoh Cara Prmberian Prebitiok dan Pakan
Untuk pemberian prebiotik ini maka campurkan 1 liter prebiotik kedalam 5 liter air untuk kapasitas pakan 10 kg. Aduk sampai rata adonan tersebut lalu biarkan semalam agar mikroba yang ada di prebiotik bisa menyerap ke pakan lele.

Setelah satu malam, pakan yang telah tercampur suplemen tersebut bisa di berikan kepada lele, dan jika masih ada sisa bisa juga di berikan untuk makan kedua lele pas sore hari.


Demikianlah ulasan tentang cara membuat prebiotik atau vitamin untuk ikan lele yang paling mudah dan mantap agar lele cepat tumbuh besar dan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

0 Response to "Cara Membuat Prebiotik (Vitamin) Lele Paling Mudah dan Paling Dahsyat"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan