Jarang diketahui Ternyata Pepaya California (Calina) 100% Buah Asli Dari Indonesia - kliktani.com

Jarang diketahui Ternyata Pepaya California (Calina) 100% Buah Asli Dari Indonesia

Pepaya Calina

Pepaya California yang bernama asli pepaya Calina selama ini dianggap sebagai buah impor,  tetapi ternyata buah ini bukanlan buah impor, jenis pepaya ini asli 100% tulen dari Indonesia. Lalu bagaimana bisa pepaya Calina bisa berubah nama menjadi pepaya California, dan dianggap sebagai salah satu jenis buah impor?

Pepaya Calina atau California merupakan varietas pepaya yang di temukan oleh Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS (Alm), Pada masa hidupnya beliau adalah seorang ahli genetika dan pemulia tanaman, selain itu beliau juga merupakan seorang guru besar di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Pada masa penangkarang dan pengembangan, Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS berhasil menemukan dua jenis varietas pepaya baru, dua jenis varietas pepaya baru itu lalu diberi nama Calina dan Carisya.

Jenis pepaya Calina menjadi yang paling poluler di kalangan masyarakat, lantaran buah ini memiliki nama yang sama dengan salah satu nama negara bagian di Amerika Serikat.

Padahal sang penemu tidak pernah merubah atau mengganti nama pepaya Calina menjadi California, yang merubah nama buah kaya vitamin ini adalah para pedagang buah-buahan, dengan memplesetkan nama calina menjadi california.

Mungkin hal ini bertujuan untuk mendongkrak penjualan pepaya, dan ternyata terbukti benar. Pupalaritas nama  California menjadikan pepaya calina menjadi lebih pupeler.

Meski kepopuleran pepaya California semakin meningkat, Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS merasa sedih dan sakit hati, karena ada yang merubah nama buah pepaya tersebut, tetapi dia sendiri tidak bisa berbuat apa-apa dan mengajukan tuntutan hukum, lantaran tidak pernah mematenkan nama tersebut.

Oleh karena itu bagi kita yang telah mengetahui nama asli dari pepaya California, sebaiknya mulai sekarang kita menyebutnya dengan nama pepaya Calina.

Karena selain untuk menghormati jasa sang penemu, menyebutnya dengan nama pepaya calina juga merupakan salah satu bentuk cinta NKRI, karena kita mampu menghilangkan label asing  untuk produk asli Indonesia.

0 Response to "Jarang diketahui Ternyata Pepaya California (Calina) 100% Buah Asli Dari Indonesia"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan