Jarak Tanam Padi Ideal (Jajar Legowo) Yang Paling Menguntungkan - kliktani.com

Jarak Tanam Padi Ideal (Jajar Legowo) Yang Paling Menguntungkan

Jarak Tanam Padi Ideal
Berapakah Jarak Tanam Padi Ideal yang tepat dan sesuai?. Pertanyaan ini sering kami temui di lapangan, karena banyak petani tidak tahu tentang ukuran jarak tanam padi ideal, sehingga pertumbuhan padi dan hasil panennya menjadi kurang optimal. Berikut ini adalah ukuran jarak tanam padi ideal yang menguntungkan.

Pengaturan jarak tanam padi sering kali tidak mendapat perhatian dari para petani dalam menentukan target produktivitas untuk mencapai hasil yang optimal.

Karena masih sering kami jumpai petani yang memakai jarak tanam jarwo 10:1 atau tanpa  sela sama sekali, mereka beralasan terlalu mubazir kalau banyak tanaman padi yang di sela, dan akan mengurangi hasil panen padi.



Disadari ataupun tidak, jarak tanam padi ini menentukan produktivitas tanaman padi, melalui pengaruhnya terhadap kuantitas (jumlah rumpun tanaman per ha), dan kualitas pertumbuhan individu/rumpun tanama.
 
Dengan membuat jarak tanam padi ideal akan lebih memudahkan dalam merawat padi, karena pemupukan dan pengendalian hama menjadi lebih efektif.

Ada beberapa pola tanam yang sudah menerapkan ukuran jarak tanam padi yang termasuk katagori ideal, diantaranya jarak tanam jajar legowo 5:1, Jarjar legowo 4:1, dan Jajar legowo Ganda.

Namun menurut kami, menggunakan pola tanam jajar legowo ganda adalah yang terbaik, karena di bandingkan dengan pola tanam yang lain, pola tanam jajar legowo ganda lebih meningkatkan produktivitas hasil panen.

Untuk pola tanam jajar legowo ganda (milenium), jarak tanam yang ideal yang mampu meningkatkan hasil panen adalah Jarwo Ganda I (1,7;50;25;12,5;5), Jarwo Ganda II (1,4;40:20;10;5), atau Jarwo ganda III (1,5;50;25;12,5) . Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar.

Jarak tanam padi ideal (Jarwo I)
Jarak tanam padi ideal (Jarwo II)

Jarak tanam padi ideal (Jarwo III)


Dengan menerapkan pola tanam dan jarak tanam padi ideal pastilah sangat berpotensi meningkatkan hasil panen, karena dengan jarak tanam padi yang ideal tanaman padi akan tumbuh dengan sempurna, selain itu ada beberapa kelebihan dai jarak tanam padi ideal, diantaranya;
  1. Penangkapan radiasi surya oleh individu tanaman lebih sempurna, sehingga fotosintesis pada daun padi tidak terhambat, 
  2. Lebih efektivi dalam penyerapan hara oleh akar tanaman, 
  3. Kebutuhan air tanaman lebih tercukupi, 
  4. Memudahkan sirkulasi udara untuk hasil fotosintesis, 
  5. Meratanya kelembaban suhu udara, sehingga bisa mempersempit pertumbuhan jamur dan bakteri pada tanaman padi
Demikianlah ulasan tentang jarak tanam padi ideal yang menguntungkan, semoga dengan penanaman padi dengan pola jajar legowo ganda ini  para petani, dan buruh tanam dapat mendapat manfaat dari tulisan ini. Terimakasih.

0 Response to "Jarak Tanam Padi Ideal (Jajar Legowo) Yang Paling Menguntungkan"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan