Insektisida Alami Untuk Kutu Putih Yang Ampuh - kliktani.com

Insektisida Alami Untuk Kutu Putih Yang Ampuh

kutu kebul
insektisida alami kutu kebul
Insektisida Alami untuk kutu putih yang ampuh - Hama kutu putih yang sering menyerang daun tanaman sangatlah meresahkan pemilik tanaman, karena akan membuat daun tanaman menjadi kriting dan menciut, oleh sebab itu di butuhkan insektisida alami untuk kutu putih, kenapa harus yang alami?, karena insektisida kimia untuk kutu putih itu harganya cukup tinggi. Nah kali ini kliktani.com akan membahas Cara Membuat Insektisida Alami Untuk Kutu Putih Yang Ampuh.

Hama Kutu putih atau dalam bahasa latin disebut Bemisia tabaci, merupakan hama utama pada tanaman cabai, tomat, jeruk, dan lain-lain. Kutu ini menyerang daun tanaman dengan cara menghisap cairan yang terdapat pada daun, yang efeknya membuat kriting dan menciut.

Kondisi tersebut akan membuat proses fotosintesis yang berlangsung pada tanaman itu akan terhambat, karena zat hijau daun yang terkandung menjadi sedikit, sehingga penyerapan sinar matahari untuk disalurkan keseluruh tanaman menjadi tidak maksimal.

Hama kutu putih memang bisa diatasi dengan menggunakan insektisida untuk kutu kebul, namun seperti yang kami sampaikan diatas, bahwa harga insektisida tersebut cukuplah tinggi, selain itu dampak negatif  dari menggunakan insektisida anorganik cukup berbahaya bagi lingkungan dan ekologi.

Untuk itu kita bisa mengganti insektisida kimia dengan insektisida alami yang kita buat dengan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di sekitar kita, namun memiliki efektifitas yang tidak kalah dengan insektisida kimia.

Berikut ini adalah cara membuat insektisida alami untuk kutu putih dengan memanfaatkan bawang putih sebagai bahan dasar membuat racun alami ini.

Untuk membuat Insektisida alami dari bawang putih, yang harus anda dilakukan adalah:

  1. Haluskan empat atau lima bawang putih, masukkan ke dalam satu liter air.
  2. Tambahkan empat atau lima tetes sabun pencuci piring.
  3. Saring campuran untuk menghilangkan ampas bawang putih, agar tidak menyumbat semprotan ketika aplikasi.
  4. Simpan larutan bawang putih pekat tersebut ke dalam botol kaca dengan penutup yang rapat.

Petunjuk Penggunaan Insektisida Alami Untuk Kutu Putih


  • Untuk menggunakan pestisida alami ini sebagai pembasmi hama, encerkan cairan tersebut dengan 2,5 gelas air dan gunakan segera untuk membasmi kutu putih.
  • Gunakan Insektisida alami untuk kutu putih ini seminggu sekali atau dua kali seminggu jika  musim hujan.
  • Semprotkan hanya pada daerah tanaman yang terdapat kutu kebul/putih, sehingga tidak melukai serangga yang menguntungkan.
  • Jangan menyemprot pestisida alami ini ketika akan datang masa panen, karena efeknya buahnya akan berbau bawang.
Selain sebagai racun alami untuk mengendalikan kutu putih, Insektisida alami ini juga bisa digunakan untuk membasmi ulat grayak dan penggerek batang.


Demikianlah Cara membuat Insektisida Alami Untuk Kutu Putih Yang Ampuh, Semoga bermanfaat dalam menanggulangi serangan hama kutu putih. Salam Kliktani.

0 Response to "Insektisida Alami Untuk Kutu Putih Yang Ampuh"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan