Cara Mengatasi Kelemahan Padi Sertani 14 - kliktani.com

Cara Mengatasi Kelemahan Padi Sertani 14


Roboh merupakan salah satu Kelemahan padi Sertani 14 baik jika ditanam di musim kemarau, apa lagi ketika di tanam di musim penghujan pasti resikonya semakin tinggi. Selain itu ada satu lagi kelemahan padi sertani 14 yang harus di waspadai bagi petani yang baru pertama kali menanam padi Sertani 14.

Kemasyhuran padi Sertani 14 mendorong banyak petani yang ingin mencoba menanam padi ini, Karena tergoda oleh postingan postingan tentang padi Sertani 14 yang memiliki malai yang panjang dengan bulir padi yang mencapai 500 permalainya.

Namun tidak sedikit petani yang mencoba menanamnya mengalami kegagalan karena tidak mengetahui kelemahan - kelemahan padi Sertani 14.

Untuk itu sangat penting bagi petani yang ingin menanam padi Sertani 14 ini, mengetahui cara mengatasi kelemahan - kelemahan padi Sertani 14.

Berikut ini adalah kelemahan padi Sertani 14 dan cara mengatasinya.

1. Roboh


Kelemahan padi sertani 14 yang paling menonjol diantara varietas padi lain adalah mudahnya padi ini mengalami kerebahan.

Karena tinggi padi sertani 14 bisa mencapai 120 cm, maka perlu perlakuan khusus agar padi ini bisa tetap berdiri sampai panen tiba. 

Cara mengatasi kelemahan padi Sertani 14 ini mengalami kerobohan adalah dengan cara pemupukan padi menggunakan pupuk organik dan meminimalisir penggunaan pupuk urea.

Dengan menggunakan pupuk organik, tanaman padi tidak akan mengalami kelebihan Nitrogen, yang mana jika tanaman padi kelebihan unsur nitrogen maka efeknya akan memperlemah batang padi, sehinnga padi mudah mengalami kerebahan.

Namun jika pemupukan tetap menggunakan pupuk urea, maka gunakanlah ZPT pengeras batang padi agar padi tetap berdiri kokoh.

2. Malai Tidak Berisi Full


Sebenarnya poin ke 2 ini bukanlah merupakan sebuah kekurangan dari padi Sertani 14 ini, jika mereka tahu cara tanam padi sertani 14 yang benar.

Penyebab utama malai padi Sertani 14 ini tidak terisi semua adalah salah dalam menggunakan jarak tanam padi.

Padi yang di tanam dengan jarak yang terlalu dekat akan menghalangi datangnya sinar matahari sehingga berpotensi menimbulkan jamur dan malai tidak terisi full.

Jarak tanam padi yang ideal untuk menanam padi Sertani 14 ini adalah dengan menggunakan jarak tanam Jajar Legowo Ganda.

Dengan menggunakan jarak tanam Jarwo Ganda maka proses respirasi dan fotosintesis pada tanaman padi sertani akan terpenuhi.

Dengan demikian cara mengatasi kekurangan padi sertani 14 yang satu ini ialah denganenggunakan jarak tanam padi yang ideal.


Demikianlah artikel tentang cara mengatasi kelemahan padi Sertani 14, semoga artikel ini bermanfaat. Terim Kasih

0 Response to "Cara Mengatasi Kelemahan Padi Sertani 14"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362