Jenis Tanaman Padi Unggul Yang Paling Banyak Di Budidayakan - kliktani.com

Jenis Tanaman Padi Unggul Yang Paling Banyak Di Budidayakan

padi unggul

Di Indonesia sudah banyak sekali jenis tanaman padi unggul yang beredar, mulai dari jenis padi Inpara (padi rawa), Padi Inpago (padi gogo), Pafi Hipa (padi hibrida), maupun jenis golongan Padi Inpari (padi Irigasi).

Dari sekian banyak jenis tanaman padi unggul, ada beberapa jenis varietas padi unggul yang paling banyak di budidayakan oleh para petani Indonesia.
Berikut ini adalah Jenis jenis tanaman padi unggul yang paling banyak di tanam oleh patani.

1. Padi Ciherang


Varietas Padi Ciherang menjadi jenis tanaman padi unggul yang paling banyak ditanam diantara jenis padi unggul lainnya, bukan tanpa sebab padi Ciherang memiliki karakter padi yang mudah ditanam dan cocok di budidayakan di segala musim.

Bukan itu saja keunggulan padi ciherang terletak pada berasnya yang pulen, membuat harga gabah padi ini  slalu stabil.

Sehingga membuat salah satu varian padi Inpari ini menjadi jenis padi unggul yang paling banyak di tanam oleh para petani seantero Indonesia.

Karena banyaknya petani yang membudidayakan jenis padi unggul ini, banyak penangkar padi yang berinovasi mengembangkan padi ini diantaranya adalah, Padi Ciherang Cap Bola Dunia, Padi Ciherang Putih, Padi Ciherang Mas, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Padi IR 64


Sejak pertama kali di keluarkan pada tahun 1986 oleh presiden Soeharto, Varietas padi unggul IR 64 langsung mendapat tempat istimewa dihati para petani padi. Varietas padi IR 64 yang mempunyai sifat adaptasi yang tinggi sehingga mudah untuk di budidayakan oleh petani. 

Sampai saat ini masih banyak petani yang membudidayakan padi IR64 ini, Karena menimbang faktor keberhasilan yang cukup tinggi di bandingkan menanam variates yang baru mereka kenal.

Sehingga padi IR64 tetap mampu tetap bertahan selama lebih dari 30 tahun,  meskipun di gempur varietas padi unggul ataupun padi galur lokal yang banyak sekali jenisnya.

3. Padi Mekongga


Varietas padi mekongga memang sudah tidak asing lagi bagi para petani, mungkin bisa di ibaratkan bahwa padi Mekongga dan padi Ciherang adalah Varietas padi sejuta umat bagi petani, karena keunggulan padi mekongga sudah teruji di seluruh pelosok Negeri kita.

Kehadiran varietas padi Mekongga yang sudah hampir 15 tahun ini masih bisa bertahan dari gempuran varietas-varietas padi unggul baru yang semakin banyak, belum lagi serbuan padi galur lokal yang juga tidak kalah banyak.



Meski diserbu oleh berbagai macam varietas padi baru, padi mekongga mempunyai tempat tersendiri di hati para petani, jadi tidak heran sampai saat ini padi dari golongan cere ini masih kuat bertahan.

4. Padi Inpari 32


Inpari 32 adalah varietas padi inbrida yang di kembangkan oleh para pemulia padi yang berjumlah 4 orang pemulia yang bernama, Aan A Drajat, Nafsiyah, Cucu Gunarsih, dan Trias Sitaresmi.

Padi Inpari 32 sangat cocok di tanam pada sawah irigasi, varietas padi ini pertama di lepas pada tahun 2013 oleh para pemulia padi di daerah Pati.

Keunggulan dari varietas padi Inpari 32 adalah hasil tonasenya yang bagus dari pada padi jenis padi Inpari bersertifikat lainnya.

5. Padi Inpari 42 Agritan GSR


Hanya sedikit dari varietas padi unggul yang mendapat gelar GSR yang beredar di Indonesia. Di antara yang sedikit itu Varietas Padi INPARI 42 Agritan GSR  lah yang mampu mendapatkan gelar tersebut. Lalu kenapa bisa Padi inpari 42 Agritan GSR mendapatkan gelar tersebut?, baiklah artikel kali ini kami akan bahas tuntas tentang Padi inpari 42 agritan GSR.

Gelar GSR yang tersemat Pada padi Inpari 42 agritan GSR, Menandakan bahwa varietas tersebut mampu berdaya hasil tinggi, baik di lahan irigasi (cukup air dan hara) maupun dilahan yang tingkat tumbuhnya padi terbatas (kurang air dan hara).

GSR sendiri kepanjangan dari Green Super Rice. GREEN berarti padi yang mampu beradaptasi dengan lingkungan, sedangkan SUPER berarti padi dengan daya hasil yang sangat tinggi.

Demikianlah Jenis Tanaman Padi Unggul yang paling banyak ditanam oleh para petani Indonesia. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Jenis Tanaman Padi Unggul Yang Paling Banyak Di Budidayakan"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362