Cara Tepat Menentukan Dosis Plenum Per Tengki - kliktani.com

Cara Tepat Menentukan Dosis Plenum Per Tengki

dosis plenum

Dalam mengendalikan wereng Insektisida Plenum 50 WP sudah tidak di ragukan lagi keampuhannya, namun ada sebagian petani yang pernah mencoba menggunakan insektisida plenum tetapi wereng tidak jua mati dan berakhir dengan kesia - siaan.

Hal ini bisa terjadi karena Wereng sudah mengalami resistansi terhadap bahan aktif pada insektisida plenum atau juga kemungkinannya petani salah dalam menentukan dosis plenum per tengki nya.

Menurut kami,  kebanyakan petani salah dalam menentukan dosis plenum per tengki sehingga wereng masih tetap bisa hidup meski telah di semprot menggunakan insektisida ini.

Karena Insektisida Plenum 50 WP berbentuk butiran serbuk sehingga menentukan dosis per tengkinya menjadi sedikit menyulitkan bagi para petani dalam mengaplikasikan racun wereng ini.

Perlu di ingat!. Bahwa sedahsyat dan seampuh apapun sebuah racun wereng, jika di gunakan kurang dari takaran dosis yang di tetapkan maka hasilnya tidak akan sempurna.

Maka diperlukan cara khusus dalam menggunakan insektisida Plenum ataupun insektisida sejenis yang berbentuk tepung atau butiran, sehingga menentukan dosis per tengki nya  menjadi lebih mudah.

Dosis anjuran pakai plenum sendiri pada tiap hektare sawah adalah 250 - 300 gram / ha, jadi agar mudah menentukan dosis plenum pertangki yang di butuhkan adalah sendok ukur atau gelas sisa kemasan air minaral.

Jika anda menggunakan sendok ukur maka gunakan dosis 25 - 30 gram plenum pada tiap tengki semprotnya, dengan asumsi 10 tengki pada 1 hektare sekali aplikasi, namun jika anda tidak mempunyai sendok ukur maka gunakanlah gelas bekas sisa air mineral.

Jika anda menggunakan gelas bekas maka ikutilah cara berikut ini dan jangan lupa untuk menyediakan ember (wadah) sebagai penampung.

Ambilah air dengan menggunakan gelas sisa air mineral sebanyak 10 gelas (asumsi 10 tengki per hektare, jika lebih tinggal disesuaikan jumlahnya) dan masukan kedalam ember, setelah ember terisi oleh air lalu larutkan 250 - 300 gram plenum dan aduk sampai tidak adalagi butiran plenum tersisa.

Setelah seluruh butiran plenum larut kedalam air maka gunakanlah satu gelas larutan plenum untuk setiap satu tengki semprot, baik itu tengki ukuran 14 liter atau 17 liter air.

Demikianlah Cara Menentukan Dosis Plenum Per Tengki, Semoga bermanfaat. Terimaksaih.

0 Response to "Cara Tepat Menentukan Dosis Plenum Per Tengki"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan