Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tanam dan Pemupukan Padi IR 64 janger, IR 64 Dempo, IR 64 SS, IR 64 Prima, dan IR 64 Jumbo.

Padi IR 64

padi ir 64

Varietas padi IR 64 merupakan varietas padi berstandar nasional yang pertama kali di perkenalkan pada tahun 1986 oleh Presiden ke 2 Indonesia.

Sejak saat itu hingga sekarang masih banyak petani padi yang menanam padi IR 64 karena padi ini memiliki kualitas yang tidak dimiliki padi lain.

Padi IR 64 juga termasuk golongan padi tetua yang artinya padi yang banyak di silangkan untuk menghasilkan barietas padi baru.

Selain untuk disilangkan padi ini juga dikembangkan oleh berbagai penangkar padi, agar padi ini tidak melemah dan tetap kuat melawan penyakit padi.

Dari hasil pengembangan ada beberapa padi IR 64 yang sukses dan banyak di tanam oleh petani diantaranya adalah: IR 64 janger, IR 64 Dempo, IR 64 SS, IR 64 Prima, dan IR 64 Jumbo.

Cara Tanam Padi IR 64 janger, IR 64 Dempo, IR 64 SS, IR 64 Prima, dan IR 64 Jumbo.


Dalam menanam padi dengan standar nasional ini sama seperti pada umumnya, akan tetapi meski padi ini terus dikembangkan padi IR 64 tetap rentan terkena penyakit, karena padi IR 64 ini sudah lebuh 30 tahun beredar maka kekebalannya terhadap penyakit semakin menurun.

Untuk itu cara tanam padi IR 64 janger, IR 64 Dempo, IR 64 SS, IR 64 Prima, arau IR 64 Jumbo, yang terbaik adalah dengan menggunakan Jajar Legowo Ganda (milenium), karena dengan menggunakan cara tanam Jarwo ganda pada padi IR 64 akan mengurangi resiko padi terserang jamur.

Selain menghindari padi IR 64 terkena jamur, menggunakan Jajar legowo ganda juga dapat menambah produktivitas gabah IR 64, Sehingga bobot padi inipun meningkat dengan signifikan.

Cara Pemupukan Padi IR 64 Janger, IR 64 Dempo, IR 64 SS, IR 64 Prima, dan IR 64 Jumbo.


Untuk memahami cara pemupukan padi IR 64 janger, IR 64 Dempo, IR 64 SS, IR 64 Prima, dan IR 64 Jumbo. Anda harus mengetahui umur tanaman padi IR 64 yang anda tanam terlebih dahulu. Karena masing masing varietas IR 64 memiliki masa tanam yang berbeda.

Contohnya padi IR 64 SS yang berumur 110-116 hari sedangkan padi IR 64 Jumbo memiliki masa tanam lebih lama sekitar 115-120 hari setelah tanam. Tetapi secara keseluruhan padi IR 64 pada umumnya berumur 115 -125 hari.

Berikut ini adalah cara pemupukan padi IR 64 yang benar.

Pupuk Dasar


Pupuk dasar adalah pemberian pupuk ketika padi IR 64 berusia sekitar 8-12 hst atau rata-rata 10 hst, hal ini bertujuan agar dapat memperkokoh perakaran. Sehingga padi IR 64 lebih mudah terangsang dan efeknya  daun dan akar tanaman padi IR 64 mudah berkembang. Dengan demikian pemberian pupuk dasar pada padi IR 64 dapat memaksimalkan penyerapan unsur hara. 

Namun perlu diperhatikan, Jangan pernah memberikan pupuk dasar pada waktu 0-5 hst, karena daun dan akar tanaman padi IR 64 belum berkembang dan masih dalam kondisi belum normal. Dalam kondisi ini akar belum siap menerima rangsangan dari pupuk. Bila tetap diberikan  hasilnya tetap akan sia-sia.

Pupuk Susulan Pertama


Pemupukan susulan padi IR 64 yang pertama diberikan sekitar pada saat padi berusia 21-25 hari setelah tanam, Untuk lebih efektif pemupukan susulan pertama dilakukan setelah para petani melakukan pengoyosan (pembersihan gulma secara manual/dicabut).

Karena pada saat pengoyosan dilakukan maka akar tanaman padi IR 64 akan terputus, dan dengan putusnya akar tanaman akan membentuk anakan baru. Pada saat inilah tanaman padi IR 64 dapat maksimal penyerap unsur hara yang diberikan. Dengan demikian, padi IR 64 akan menghasilkan jumlah anakan yang banyak.

Pupuk Susulan Kedua


Pemupukan padi IR 64 kedua diberikan sekitar umur padi IR 64 mencapai usia 30-40 hst, Karena pade usia ini padi IR 64 berada pada fase peralihan dari fase vegetatif ke fase generatif, Karena dalam kondisi seperti ini padi IR 64 sedang membutuhkan nutrisi yang tinggi.

Pemupukan kedua ini ditandai dengan keluarnya daun bendera atau ketika padi bunting kecil. Pada umur tersebut adalah saat yang tepat pemupukan tahap kedua diberikan. Dengan pemupukan pada tahap ini tanaman padi akan menghasilkan malai yang optimal.


Jadi bila anda ingin melakukan pemupukan pad tanaman padi IR 64, maka perhatikanlahl 3 kondisi  di atas, Karena pada saat itulah kondisi tanaman padi IR 64 akan maksimal menyerap unsur hara yang kita berikan. 

Namun pemupukan tanaman padi IR 64 juga harus memperhatikan kondisi cuaca/iklim, struktur tanah, waktu, tempat, dan faktor lainnya akan sangat menentukan keberhasilan pemupukan.

Demikianlah Cara Tanam dan Pemupukan Padi IR 64 SS, IR 64 Janger, IR 64 Super, IR 64 Dempo, IR 64 Prima, dan IR 64 Jumbo. Semoga bermanfaat.