Cara Membuat EM4 Dari Nasi Yang Paling Mudah - kliktani.com

Cara Membuat EM4 Dari Nasi Yang Paling Mudah

Membuat EM4

membuat em4

Ada banyak sekali cara dalam membuat EM4, ada yang membuatnya dari sisa sayuran, ada yang membuat EM4 dari ragi tapai, ada yang dari air cucian beras, dan ada yang membuat EM4 dari Nasi.

Untuk kesempatan kali ini kliktani.com akan membahas cara membuat EM4 dari nasi basi dengan cara yang paling mudah.

Mungkin sebagian orang masih asing dengan keberadaan EM4?, apa fungsinya EM4 ? dan bagaimana cara membuat EM4?.

Perlu diketahui, EM4 adalah sejenis pupuk organik (kompos) yang dapat dibuat dalam waktu yang cukup singkat dibandingkan dengan cara konvensional.

Effective Microorganisms 4 atau EM4 sendiri banyak mengandung Azotobacter sp., Lactobacillus sp., ragi, bakteri fotosintetik dan jamur pengurai selulosa.

Untuk membuat EM4 dari nasi sangatlah mudah, cukup dengan menggunakan bahan baku yang bisa kita dapatkan dengan mudah dan pastinya mirah.

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan dalam membuat EM4 dari nasi.

  • Nasi basi
  • Air Mineral / Putih
  • Gula pasir
  • 4Botol air mineral ukuran 1,5 L.

Cara Membuat EM4 Dari Nasi 


Step 1. Masukan nasi basi kedalam botol air mineral ukuran 1,5L, kenapa mesti menggunakan nasi basi?, Jawabanya, karena nasi basi lebih banyak mikroba atau bakteri yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk. 

Sebenarnya menggunakan nasi baru juga tidaklah masalah, akan tetapi proses permentasinya akan memakan waktu yang lebih lama.

Step 2. Tambahkan air sebanyak 1 Liter kedalam botol air mineral yang telah terisi nasi basi.

Step 3. Lalu tambahkan juga gula pasir 5 sendok, fungsi menambahkan gula pasir ini sebagai bahan makanan bagi bakteri yang ada di dalam larutan tersebut.

Step 4. Setelah 3 langkah diatas selesai, maka tunggu lah sampai 7 hari sampai cairan tersebut berbau tapai.

Catatan : Penggunaan nasi basi dalam membuat EM4 bisa ditukar dengan menggunakan bahan lain, seperti kulit pisan ataupun pisang yang sudah busuk, nanas yang sudah busuk, batang pisang muda dan lain-lain.

Demikianlah Cara Membuat EM4 Dari Nasi Yang Paling Mudah. Cari tahu juga cara membuat EM4 dari Sisa Sayuran. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan