Cara menaman Kangkung di Pot (Polybag) Agar Bisa Tumbuh Dengan Sehat Sempurna | Klik Tani

Cara menaman Kangkung di Pot (Polybag) Agar Bisa Tumbuh Dengan Sehat Sempurna

menanam kangkung

Apakah anda ingin mencoba menanam kangkung di pot?. lalu apakah anda tahu cara menanam kangkung di pot bisa tumbuh dengan sehat ?. Kali ini kliktani.com akan menulis tentang bagaimana " Cara menaman Kangkung di Polybag ( pot ) Bisa Rumbuh dengan Sehat Sempurna ". 

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang banyak di minati oleh masyarakat Imdonesia, sehingga membudidayakan tanaman kangkung banyak dilakukan oleh para petani holtikultura demi memenuhi kebutuhan pasar yang cukup tinggi.

Keberadaan kangkung di pasaran memang cukup mudah untuk ditemui, karena memang kangkung cukup mudah untuk di budidayakan di segala musim.

Karena kemudahannya dalam membudidayakan tanaman sayur ini, banyak yang mencoba menanam kankung di dalam pot untuk memenuhi kebutuhannya.

Jika anda berniat mencoba menanam kangkun di pot, berikut ini ada beberapa tips dari kami agar tanaman kangkung anda, bisa tumbuh dengan sehat.

1. Bahan - bahan yang digunakan untuk menanam kangkung di polybag.


Polybag / Pot
Kompos
Pupuk Kandang
Arang sekam / Tanah
Benih kangkung

2. Cara Menanam Kangkung di Pot


Aduk sampai rata antara Kompos, pupuk kandang dengan aram sekam / tanah, setelah diaduk masukan kedalam polybag atau pot yang telah anda sediakan.

Setelah pot atau polybag terisi oleh campuran kompos dan arang sekam, lalu beri 5 - 8 butir benih kangkung tipa polybagnya, kemudian siram. Setelah itu taruhlah polybag tersebut ketempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung. 

Jangan lupa untuk menyiramnya tiap pagi selama benih belum berkecambah, setelah 3 - 4 hari benih mulai berkecambah maka penyiraman dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Setelah 2 minggu tanaman kangkung sudah bisa untuk di panen.

3. Gangguan dan Hama pada tanaman kangkung


Tanaman kangkung adalah jenis tanaman sayur yang jarang memiliki gangguan hama, mungkin satu - satunya hama yang mengganggu tanaman kangkung hanya ulat daun.

Itupun ( Ulat daun ) biasanya hanya menyerang tanaman kangkung yang ditanam pada skala besar, pada kangkung yang di tanam didalam pot serangan hama relatip kecil.

Namun jika gangguan hama ulat daun tetap terjadi, anda bisa langsung membuang ulat daun dari tanaman kangkung anda, dan jika gangguan lebih serius anda bisa menggunakan pestisida.

4. Agar Tanaman kangkung tumbuh sehat meski di tanam di pot


Hal yan terpenting dalam menanam kangkung didalam pot adalah unsur hara dan sinar matahari, jika ke dua unsur tersebut terpenuhi maka tanaman kangkung akan tumbuh sehat sempurna.

Unsur hara bisa terpenuhi dari kompos, pupuk kandang dan arang sekam. Sedangkan sinar matahari minimal 6 jam menyinari tanaman kangkung.

Demikianlah "Cara menanam kangkung di pot atau polybag". Semoga 


Subscribe to receive free email updates: