5 Fungsi ZPT Bagi Tanaman, yang bikin tanaman tumbuh sehat - kliktani.com

5 Fungsi ZPT Bagi Tanaman, yang bikin tanaman tumbuh sehat

Fungsi ZPT

zpt

ZPT adalah Zat Pengatur Tumbuh tanaman yang salah satu fungsinya adalah merangsang pertumbuhan tanaman menjadi tumbuh dengan sehat.

Ketika tanaman bisa tumbuh dengan sehat, maka hasilnya tanaman akan membuat buah dari tanaman tersebut menjadi lebih baik. ZPT merupakan kepanjangan dari Zat Pengatur Tumbuh.

ZPT adalah Hormon tumbuhan, atau fitohormon yang merupakan  sekumpulan senyawa organik bukan hara, baik yang terbentuk dengan cara alami maupun dibuat langsungoleh manusia, yang dalam kadar sangat kecil mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, pergerakan, perkembangan pada tanaman (wikipedia)

Misalnya kegunaan ZPT bagi petani padi, kegunaan ZPT untuk padi adalah memperbanyak anakan padi, membuat batang padi menjadi kokoh, tumbuh serempak, dan lain-lain.

Berikut ini adalah beberapa kegunaan atau fungsi ZPT untuk tanaman, diantaranya adalah :

1. Merangsang Pertumbuhan Tumbuhan


Tumbuhan yang telah terpenuhi oleh zat ini akan lebih cepat besar dan sehat, karena seluruh kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi, sehingga tidak ada halangan untuk tumbuhan bisa tumbuh dengan sempurna.

2. Buah Lebih Banyak dan Besar


ZPT juga berpengaruh terhadap buah tanaman itu sendiri. Tanaman yang telah terpenuhi  oleh ZPT akan membuat pohon tersebut berbuah lebih banyak dan besar-besar.

3. Lebih Kebal Penyakit


ZPT juga berfungsi untuk membantu daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, Karena ZPT  juga berfungi sebagai vitamin tanaman, Karena seperti kata pepatah "Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

Artikel terkait

4. Penguat batang tanaman


Seperti yang kami sampaikan diatas, bahwa fungsi ZPT khususnya bagi tanaman padi adalah penguat batang tanaman, sehingga pohon padi menjadi lebih kokoh dan tidak mudah roboh.

5. Memperpanjang Malai


Selain mengutkan batang pohon padi, Fungsi ZPT untuk padi adalah memperpanjang malai padi, dengan panjangnya malai maka berpotensi memperbanyak bulir padi.

Demikianlah " 5 Fungsi ZPT bagi tanaman ", Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

3362