Bisnis berternak entok yang menguntungkan yang bisa dilakukan sambil bertani | Klik tani

Bisnis berternak entok yang menguntungkan yang bisa dilakukan sambil bertani

cara berternak entok, petani, entok, bisnis entok
Sebagai seorang petani kita harus jeli memanfaatkan apa saja yang bisa menambah penghasilan, karena menjadi seorang petani penghasilan yang di dapat hanya ketika saat musim panen tiba, ini lah yang menyebabkan kebanyakan taraf ekonomi para petani berada di bawah garis kemiskinan. Oleh karena itu seorang petani haruslah pintar memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya, karena memang negeri kita ini memilik sumber daya alam yang sangat melimpah namun masih banyak sekali yang belum di eksplorasi secara maksimal.

Sudah banyak kita jumpai para petani yang meninggalkan lahan pertaniannya dan beralih menjadi buruh di kota kota besar, kerena memang kebutuhan hidup yang tak mencukupi sebagai seorang petani, namun jika kita jeli dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada,  ada beberapa bisnis atau usaha yang menguntungkan yang bisa kita kerjakan tanpa meninggalkan lahan pertanian, tapi kali ini Kliktani.com akan mengupas bisnis menguntungkan berternak entok bagi para petani.

Kenapa kami memilih berternak Entok, karena entok adalah salah satu unggas yang paling mudah perawatannya, selain hal tadi ada beberapa kelebihan entok di bandingkan unggas lainnya, antara lain:
  • Cita rasa daging entok yang khas, sehingga tidak heran diberbagai kota-kota besar menjamur restourant atau warung makan yang menyediakan daging entok sebagai menu andalannya. Selain cita rasa dagingnya khas, daging entok juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi
  • Mudah dalam perawatan dan tak memerlukan perlakuan khusus sehinnga tidak membebani waktu
  • Kotoran entok bisa dijadikan pupuk kandang dan bokashi pengganti UREA.
  • Pakan entok mudah di dapat dan harganya murah.
  • Harga jual entok lebih tinggi di bandingkan bebek ataupun ayam.
Lalu bagaimana caranya berbisnis entok yang menguntungkan?. Langkah-langkah agar berternak entok yang menguntungkan bisa kita ikuti cara-caranya berikut ini.

1.    Kandang Entok yang Sehat
Cara ternak entok yang menguntungkan yang  pertama yang harus di siapkan adalah  dengan membuat kandang  entok yang sehat, kenapa harus membuat kandang yang sehat?, yaitu agar perkembangan entok bisa terkontrol setiap saat, jika di perlukan sebaiknya kandang entok dijauhkan dari keramaian agar entok bisa tenang, dengan situasi yang tenang entok mampu berproduktifitas dengan baik

Sebuah  merupakan tempat untuk beristirahat dan berlindung bukan hanya manusia yang membutuhkan rumah yang Nyman tetapi hewan peliharaanpun membutuhkan tempat untuk beristirahat dan berlindung yang nyaman . Kandang yang baik akan  menjadi tempat penentu produktifitas entok pliharaan kita.
 
2.    Pakan Entok
Selain kandang, Pakan Entok menjadi kebutuhan paling penting bagi system perkembangbiakan entok. Dengan pakan yang tepat entok dapat tumbuh secara optimal. Agar gizi entok tercukupi sebaiknya kita ikuti aturan pemberian pakan entok sesuai umur, agar proses pertumbuhannya tumbuh secara optimal.
Pakan Anak Entok Umur 1-14 (Meri), Hari hari harus banyak mengandung  protein, sehingga mempercepat pertumbuhan, melancarkan pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Anakan entok membutuhkan asupan protein kasar, energi, kalsium, fosfor, dan vitamin. Makanan seperti ini terdapat didalam konsentrat startet  atau biasa disebut PUR. Jadi  makanan terbaik untuk anak entok dengan usia 1-14 hari adalah konsentrat starter.
Pakan Anak Entok Umur 15-35 Hari (Bebaya)ke butuhan pakan untuk entok usia ini lebih sedikit menurun dibandingkan saat awal entok menetas. Pada tahap ini anak entok lebih banyak membutuhkan energi, agar pertumbuhan bobot anak entok maksimal. Berikan pakan berupa konsentrat yang sudah dicampur dengan dedak (bekatul), ampas tahu, jagung, dan lainnya.
Pakan Anak Entok Umur 36-40 Hari, pakan yang tepat untuk entok dewasa adalah pakan yang banyak mengandung vitamin dan mineral, agar menjaga kesehatan, daya daya tahan tubuh serta rangka entok tetap baik. Untuk jenis pakan ini cukup mudah di dapat, kita hanya tinggal menkombinasikannya saja  antara bekatul, menir, enceng gondok, keong, nasi aking dan lain-lain.
Sebenarnya pakan yang baik itu pakan yang di sukai oleh ternak. Disini kita jelas mesti pintar mengelabui entok dengan asupan pakan yang bergizi tinggi yang sesuai dengan kebutuhan entok. Maka dari itu  mencampur pakan entok dengan dedak, jagung giling, topmix, minyak, dan asam amino (lisin dan metionin) sangat di anjurkan.

3.    Berikan Vaksinasi

Walaupun daya tahan entok lebih baik daripada unggas jenis lainnya, tapi pemberian vaksin sangat di anjurkan agar lebih terjaga dari berbagai macam serangan penyakit, Vaksin Vitachik adalah salah satu vaksin kami anjurkan untuk menjegah entok terkena virus Flu.

Dengan melakukan langkah diatas dalam berternak entok, kami yakin selain membudiyakan tanaman
anda menjadi peternak entok yang sukses, dan akan menambah penghasilan anda. Sehingga kita tidak meninggalkan jati diri kita sebagai seorang petani.

Subscribe to receive free email updates: