SI Harum Manis, Mangga Eksotis Yang Mengoyang Lidah | Klik tani

SI Harum Manis, Mangga Eksotis Yang Mengoyang Lidah


Mangga memilik nama ilmiyah Mangifera Indica yang termasuk dalam marga Mangifera yang terdiri dari 40 anggota suku Anacardiaceae. Pohon mangga ini termasuk kedalam termasuk kedalam katagori tumbuhan tingkat tinggi, nama "mangga" sendiri berasal dari bahasa Malayalam yaitu maanga, lalu di bawa ke eropa dan diserap kedalam bahasa Inggris menjadi Mango.

Mangga sendiri kira-kira sampai ke Indonesia 1500 tahun yang silam dan berkembang pesat di hampir seluruh bagian Indonesia terutama Jawa dan Sumatra. Di Indonesia mangga sudah memiliki banyak varietasnya seperti: Harum Manis, Simana lagi, Mangga Golek, dan masih banyak lagi varietas yang lainnya.


Dari sekian banyak varietas mangga, mangga Harum manis termasuk kedalam katagori yang paling populer dan unggul, populer karena rasa yang manis dan unggul dari buah yang besar. Nama Harum Manis sendiri berasal dari rasa buahnya yang manis dan Harum aromaya, sehingga mangga ini banyak sekali peminatnya.

Mangga ini juga sangat mudah sekali untuk di budidayakan karena tidak memerlukan perlakuan khusus, Mangga ini bisa di tanam di dataran dengan ketinggian 500 mdpl - 1300 mdpl dengan kontur tanah yang gembur dan usahakan untuk menghidari genangan air ketika menanam mangga harum manis karena berakibat akar-akarnya lebih cepat mati. Mangga ini juga dapat dibudidayakan dengan sistem Okulasi (sabung mata) sehingga lebih cepat berbuah di bdingkan ditanam melalui biji.

Mangga harum manis memiliki keunggulan dengan warna hijau kekuningan, dengan aroma yang harum dan rasa yang manis serta tekstur daging yang banyak mengandung air sehinngga memudahkan ketika dikupas.


Subscribe to receive free email updates: