Sawo Manila, Si Coklat Yang Eksotis | Klik tani

Sawo Manila, Si Coklat Yang Eksotis



 
Sawo Manila adalah jenis pohon buah yang berumur panjang, di Indonesia ada juga yang menyebutnya dengan buah Sauh, pohoh ini bisa tumbuh besar dan panjang kira-kira 30-40 meter, bercabang rendah batang kulit sawo berkulit kasar dengan warna keabu-abuan nyaris hitam dengan getah berwarna putih susu, dan berdaun tunggal.

Sawo sangat populer di Indonesia bahkan di sekitar Asia Tenggara karena daerah sebagai penghasil dan konsumen terbesar no 1 di dunia, karena rasanya yang manis dengan daging buah yang berserat sangat cocok dengan cita rasa penduduk asia tenggara yang notabene penikmat rasa manis.
 

Sawo manila dapat ditanam di dataran rendah walau begitu sawo sendiri dapat di tanam di dataran tinggi sekitar 2500 mdpl, pohon sawo senidri dapat bertahan hidup dari kekeringan, dan dapat bertahan dari tiupan angin yang kencang. Pohon sawo sangat cocok di tanam di tanah gembur berpasir dengan perairan yang cukup. Sawo dapat berbuah sepanjang musim tapi biasanya panen raya hanya terjadi 1 sampai 2 musim saja.

Buah sawo dapat di makan ketika sudah matang dan banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya, Berikut Klik tani  rangkum manfaat buah sawo yang kami himpun dari berbagai sumber.
  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mengatasi radang mulut
  • Mampu mengobati diare
  • Dapat mencegah penuaan dini dan mejaga kesehatan kulit.






Subscribe to receive free email updates: