7 Racun Hama Wereng Paling Ampuh Untuk Tanaman Padi - kliktani.com

7 Racun Hama Wereng Paling Ampuh Untuk Tanaman Padi

Racun Hama Wereng Paling Ampuh - Wereng merupakan salah organisme pengganggu tanaman utama pada tanaman padi, baik itu wereng coklat ataupun wereng hijau, untuk itu di perlukan sebuah insektisida atau racun hama wereng paling ampuh untuk mengendalikan serangan serangga penghisap batang padi ini.

Serangan wereng pada tanaman memiliki dampak yang sangat merugikan bagi petani, karena efek dari hama wereng dapat membuat tanaman padi menjadi kerdil (tungro) dan  yang terparah tanaman padi menjadi hangus dan mengering. Oleh sebab itu sangatlah penting mengantisipasi serangan wereng coklat atau hijau sedini mungkin.

Dalam mengendalikan serangga yang satu ini sangat di perlukan sebuah perlakuan atau tindakan yang tepat, agar insektisida yang di gunakan tidak membuat wereng mengalami resistansi (kekebalan terhadap insektisida).

Agar tidak terjadi Resistansi dalam mengendalikan hama wereng sebaiknya anda merotasi bahan aktif insektisida yang anda gunakan dalam membasmi wereng, artinya jangan menggunakan racun hama wereng dengan merk yang sama sacara berulang dan terus menerus.

Untuk mengendalikan serangga ini ada beberapa merk racun hama wereng yang ampuh untuk anda gunakan sebagai pengendalian jika serangan wereng terjadi besar-besaran.

1. Insektisida NAGA 500 EC


Keunggulan NAGA 500 EC


NAGA 500 EC merupakan Insektisida racun kontak, berbahan aktif BPMC 500 g/l, yang berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan (emulsifiable concentrate/EC). Paling efektif untuk mengendalikan hama wereng stadia dewasa pada padi.

Selain obat wereng untuk padi Insektisida Naga 500 EC juga efektif untuk mengendalikan hama penting pada pertanaman bawang merah, cabai, jagung, kakao, kedelai dan teh.

Deskripsi Naga 500 EC


Insektisida NAGA 500 EC adalah insektisida racun kontak berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan, berwarna kuning untuk mengendalikan hama wereng pada pertanaman padi dan hama-hama penting pada pertanaman bawang merah, cabai, jagung, kakao, kedelai dan teh.

BPMC atau fenobucarb dalam penggolongan Insecticide Resistance Action Committee (IRAC), termasuk insektisida golongan 1A Karbamat. Golongan karbamat merupakan insektisida dengan racun kontak yang menurunkan aktivitas enzim kolinesterase darah dan bekerja sebagai racun saraf.

Insektisida ini tidak menimbulkan fitotoksik  pada tanaman jika digunakan sesuai petunjuk. NAGA 500 EC mudah larut dalam air dan tidak mengganggu peralatan semperot.

Petunjuk Penggunaan Naga 500 EC


Gunakanlah air jernih yang tidak mengandung lumpur dan kotoran lainnya, Bila perlu siapkan air satu malam sebelum penyemperotan agar lumpur dan kotoran lainnya mengendap. Waktu aplikasi pagi hari sebelum jam 9 atau sore hari setelah jam 4.

Lakukan penyemperotan pada waktu cuaca cerah dan diperkirakan hujan tidak turun dalam waktu 4-6 jam setelah penyemperotan. Gunakan dosis dan volume semperot yang dianjurkan yaitu 500 g/l.

2. Insektisida APPLOUD 10 WP


Insektisida ini bersifat menghambat pertumbuhan kitin, mempunyai cara kerja yang unik untuk mengendalikan wereng coklat, wereng hijau pada tanaman padi, kutu putih Bemisia tabaci pada tanaman kedelai, tungau kuning Polyphagotersonemus latus pada tanaman cabai merah dan wereng daun Empoasca sp pada tanaman teh. Sangat efektif dan memiliki efek residu yang lama terhadap serangga tersebut dan tanpa menimbulkan resurjensi.

Manfaat Insektisida Apploud 10 WP :

Menjamin petani padi terhindar dari serangan hama wereng sehingga tanaman tidak puso, karena hama wereng adalah hama yang paling berbahaya. Mengendalikan hama pengisap pada tanaman lain.

Keunggulan Insektisida Aploud 10 WP :

Mengendalikan telur, nimfa dan wereng dewasa, dapat mengendalikan wereng > 30-40 hari ; aman terhadap manusia, ternak, ikan, udang, lebah dan serangan wereng , tidak menimbulkan kekebalan dan peningkatan kemampuan berkembang biak, lebih tahan terhadap curah hujan tinggi

Petunjuk Penggunaan : 



No.TanamanHamaDosis
1Cabai MerahTungau Kuning (Polyphagotarsonemus latus)0,5 - 1 kg/ha
2KedelaiKutu Putih (Bemisia tabaci)1 - 2 kg/ha
3PadiWereng Hijau (Nephotettix sp.)0,25 - 0,5 kg/ha
4PadiWereng Coklat (Nilaparvata lugens)0,75 - 1 kg/ha
5TehWereng Daun (Empoasca sp.)0,25 - 0,5 kg/ha

3. Insektisida KETAVE 100 SL


Ketave 100 SL adalah Insektisida racun kontak dan lambung berbentuk larutan dalam air,berwarna kecoklatan untuk mengendalikan hama pada tanaman padi sawah kususnya hama wereng.

Petunjuk penggunaan Insektisida KETAVE 100 SL:

Padi sawah hama sasaran wereng coklat konsentrasi formulasi 0,375 ml/l

Cara aplikasi Insektisida KETAVE 100 SL :

Penyemprotan volume tinggi pada saat populasi atau intensitas serangan hama telah mencapai ambang pengendaliannya sesuai rekomendasi setempat.

4. Insektisida TENCHU 20 WG


Insektisida racun kontak dan lambung berbentuk butiran yang dapat larut dalam air untuk mengendalikan hama pada tanaman padi, cabai, tomat, kacang panjang.

Cara Pemakaian :


  1. Cabai : kutu daun Myzus persicae, hama trips Thrips parvispinus, (Penyemprotan volume tinggi : 1 - 2 g/l)
  2. Cabai : kutu kebul Bemisia tabaci (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 2 g/l)
  3. Kacang panjang : penggorok daun Liriomyza sp., penggerek polong Maruca testulalis (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 - 2 g/l)
  4. Kacang panjang : kutu daun Aphis craccivora, kutu kebul Bemisia tabaci (Penyemprotan volume tinggi : 500 - 1000 g/ha)
  5. Padi : wereng coklat Nilaparvata lugens (penyemprotan volume tinggi : 400 - 500 g/ha)
  6. Padi : walang sangit Leptocorisa oratorius (Penyemprotan volume tinggi : 0,5 - 1 g/l)
  7. Tomat : hama trips Thrips sp. (Penyemprotan volume tinggi : 1,5 g/l)
  8. Tomat : kutu kebul Bemisia tabaci (Penyemprotan volume tinggi : 1,125 - 1,5 g/l)


7. Insektisida ARES 100 SL


Insektisida dengan daya kerja sistemik translaminar racun kontak dan lambung yang efektif untuk mengendalikan Hama perusak /penusuk penghisap seperti wereng ,kutu,kutu kebul,thrips dan liryomiza pada Tanaman .


  • Cabai: kutu daun Myzus Persicae, hama trips Thrips parvispinus (Penyemprotan volume tinggi: 0,75 - 1 ml/l)
  • Padi sawah : wereng coklat Nilaparvata lugens (Penyemprotan volume tinggi : 0,75 - 1 ml/l) 


6. Insektisida PLENUM 50 WG


Insektisida sistemik yang bersifat menghambat aktivitas makan serangga, berbentuk butiran berwarna kecoklat coklatan yang dapat didispersikan dalam air, untuk mengendalikan hama wereng coklat Nilaparvata lugens, wereng punggung putih sogatella furcifera, wereng hijau nephotettix virescens, kepinding tanah scotinophara sp. Dan walang sangit leptocorysa oratorius pada tanaman padi sawah.

Petunjuk Penggunaan Insektisida PLENUM 50 WG


Padi sawah
Hama : wereng coklat Nilaparvata lugens, wereng punggung putih sogatella furcifera, wereng hijau nephotettix virescens, kepinding tanah scotinophara sp. Dan walang sangit leptocorysa oratorius
Dosis : 250 300 g/ha

Waktu aplikasi Insektisida PLENUM 50 WG

Penyemprotan volume tinggi 500 600 liter/ha, atau sesuai kalibrasi. Apabila populasi/intensitas serangan hama telah mencapai ambang pengendalianya sesuai rekomendasi setempat.

Untuk menghindari terjadinya resistensi, disarankan untuk diselang seling dengan insektisida lain yang memiliki cara kerja berbeda.

8. Insektisida Dupont Pexalon 106 SC


Bahan aktif Insektisida PexalonTM yaitu triflumezopyrim yang bekerja sebagai racun saraf.  triflumezopyrim  bekerja dengan menghalangi rangsangan pada simpul saraf wereng, seperti bernapas, makan, dan lain sebagainya.

Efeknya, wereng akan mengalami kelumpuhan dan tidak bisa makan dan akhirnya akan mati. Bahan aktif triflumezopyrim bekerja sangat cepat  dalam hitungan satu sampai dua jam mampu membuat wereng berhenti makan.

Lebih jauh lagi selain ampuh membasmi WBC Insektisida PexalonTM  juga sangat efektif membunuh  wereng hijau, wereng punggung putih, dan wereng kecil.

Selengkapnya mengenai Insektisida Pexalon 106 SC, anda bisa membacanya di artikel berikut ini Pexalon Insektisida Wereng Terampuh

Demikianlah artikel tentang 7 racun hama wereng paling ampuh yang bisa anda coba, semoga bermanfaat. Salam Kliktani.com

0 Response to "7 Racun Hama Wereng Paling Ampuh Untuk Tanaman Padi"

Post a Comment

Iklan Tautan

Iklan Tengah Artikel 1

3361

Tautan