TUNGRO?? Hadapi dengan 7 jurus ampuh ini. | Klik tani

TUNGRO?? Hadapi dengan 7 jurus ampuh ini.



Tungro adalah penyakit pada tanaman padi yang di bawa oleh wereng hijau yang cukup sulit untuk di sembuhkan dan parahnya lagi penyakit tungro ini bisa menular karena penayakit ini adalah infeksi dari dua virus yang berbahaya yaitu, virus bentuk batang Rice Tungro Bacilliform Badnavirus (RTBV) dan virus bentuk bulat Rice Tungro Spherical Waikavirus (RTSV).

Pada tanaman padi yang terifeksi penyakit ini pohon padi akan menjadi kerdil, ujung-ujung daunnya akan menguning, daun mudanya terlihat sedikit melinjutir dan jumlah anakan menjadi sedikit. Secara umum tanaman padi yang terinfeksi virus ini akan terlihat tidak merata posisi tingginya dan akan terlihat kuning secara keseluruhan. Untuk pengendalian virus ini Kliktani telah merangkum 8 cara efektif untuk menanggulangi virus tersebut.

  1. Bersihkan lahan pertaniaan dari Singgang, Eceng, dan Teki minimal 7 hari sebelum tanam. Karena Wereng hijau dapat mengambil virus tungro dari 3 jenis tanaman tersebut. Agar lebih aman sebaiknya kita mengendalikan gulma disekitar lahan kita.
  2. Gunakan bibit sehat atau gunakan varietas tahan tungro. Menggunakan bibit sehat atau varietas tahan tungro akan mengantisifasi serangan tungro karena bibit yang sehat akan menghasilkan pohon padi yang sehat juga, sehingga virus tungro tidak akan berpengaruh karena daya tahan tanaman padi tersebut.
  3. Tanam serentak, Tanam serentak sangat berpengaruh besar dalam bercocok tanam padi, bukan hanya untuk virus tungro bahkan untuk pengendalian hama apapun tanam serentak akan meminimalisir serangan penyakit dan hama karena hama dan peyakit tidak akan terkonsentrasi pada tanaman kita saja.
  4. Tanam silang, Artinya jangan hanya terus menerus menanam padi usahakan untuk menyilang tanaman dengan apa saja seperti palawija contohnya.
  5. Ubah varietas tanaman padi, Mengubah varietas padi akan sangat bermanfaat karena kalau tidak dirubah virus akan lebih mudah menyerang karena akan beradaftasi terhadap varietas lama.
  6. Eradiksi, Eradiksi adalah penanggulangan tungro dengan membenamkan tanaman padi yang sudah terinfeksi kedalam tanah agar tidak menular ke pohon yang lain.
  7. Gunakan Insektisida butiran 12 kg/ha sehari sebelum tanam di lahan yang akan di jadikan tempat tanam.
Demikian 7 cara ampuh untuk mengendalikan Tungro dari tanaman padi, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: